'Tinggalkan' Prabowo, Trenggono Isi Posisi Edhy Prabowo

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
23 December 2020 09:40
Wahyu Sakti Trenggono  (Andhika/detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sakti Wahyu Trenggono meninggalkan posisinya sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan). Ia meninggalkan Menhan Prabowo Subianto untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KPP).

Ia mengisi kekosongan yang ditinggalkan Edhy Prabowo yang tersangkut kasus korupsi. Sehingga saat ini posisi tertinggi ke-2 Kemhan tersebut kosong.


Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak kepada CNBC Indonesia mengungkapkan tidak ada preferensi khusus dari Prabowo selaku Menhan soal siapa yang akan mendampinginya.

"Terkait Wamenhan kita serahkan sepenuhkan kepada Presiden, siapa yang akan beliau tunjuk menggantikan Pak Sakti Wahyu," kata Dahnil ,Selasa (22/12/2020).

Salah satu nama yang disebut-sebut akan mengisi posisi Wamenhan adalah Letnal Jenderal TBI Muhammad Herindra. Saat ini, Herindra menjabat sebagai Kepala Staf Umum TNI, yang diemban sejak 21 Oktober 2020.

Sebelumnya, pria kelahiran Magelan, Jawa Tengah 30 November 1964 merupakan Inspektur Jenderal TNI (2018-2020). Lulusan terbaik Akademi Militer 1987 itu juga pernah menduduki jabatan penting seperti Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi (2016-017) dan Komandan Jenderal Pasukan Khusus (2015-2016).

Jabatan lain yang pernah diemban Herindra adalah Wakil Komandan Jenderal Kopasus (2013-2014) dan Kasdam III/Siliwangi (2015).

Siap Amanah

Sementara itu, dalam pidatonya Sakti Wahyu Trenggono menegaskan bukan perkara mudah untuk mengelola dan mengatasi masalah kelautan dan perikanan. Tapi dia mengaku siap untuk menjalankan amanah.

"Saya bukan orang yang pandai beretorika, saya hanya ingin segera bekerja Bersama seluruh pemangu kepentingan untuk kemajuan sektor bahari. Mohon doda dari masyarakat agar kita lancer, dan amanah menjalankan tugas," tutupnya.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading