Sandi Uno Resmi Menparekraf, Pengusaha Hotel Komentar Begini

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
22 December 2020 16:41
Sandiaga Uno (CNBC Indonesia/Cantika Dinda)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memilih Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama. Kiprah Sandi Uno tak terlalu mendapat sorotan sebagai pelaku wisata. Namun, latar belakangnya sebagai entrepreneur membuat pengusaha optimis akan kehadirannya.

"Saya pikir bagus-bagus aja, karena punya background di bidang usaha jadi mudah-mudahan lebih baik," kata Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani kepada CNBC Indonesia, Selasa (22/12).

Mengenai latar belakangnya yang tidak banyak berkecimpung di dunia pariwisata, Hariyadi tidak mempermasalahkannya, yang terpenting adalah kemauan dari Menteri tersebut untuk mendengarkan usulan dari pelaku di sektor ini. Termasuk kemudahan berkomunikasi di antara keduanya.


"Pengalaman saya sebagai Ketua PHRI, sebetulnya yang paling penting di dunia usaha gimana usulannya, itu saja. Jadi Insya Allah stakeholder pariwisata cukup solid, kita tau apa yang kita usulkan. Pemerintah tinggal mendukung, komunikasi lancar, saya rasa Pak Sandi nggak ada masalah. Kita berteman sudah lama. Jadi nggak ada masalah komunikasi," jelasnya.

Komunikasi tersebut yang diharapkan bisa menjadi andalan Sandi dalam melayani dunia pariwisata. Politikus Gerindra itu berlatar belakang pengusaha. Ia sempat menjabat Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). Salah satu fokus dia saat di Hipmi adalah memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Sandiaga Uno pernah menduduki posisi direktur keuangan NTI Resources Ltd, sebuah perusahaan minyak dan gas asal Kanada. Ia bekerja di NTI pada periode 1995 - 1996 dan kemudian mengundurkan diri. Ia juga masuk politik, dan sempat mendampingi Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading