Jokowi Umumkan Menteri Baru, Banyak Partai atau Profesional?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
22 December 2020 16:29
Keterangan Pers Presiden Joko Widodo (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan enam menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. Bagaimana profil enam pembantu presiden itu? Apakah kabinet zaken yang mengutamakan para profesional sudah terwujud?

"Saya bersama Bapak Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di Kabinet Indonesia Maju. Pertama Tri Rismaharini, akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial. Kemudian yang kedua Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Ketiga Bapak Budi Gunadi Sadikin, sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan. Keempat adalah bapak Yaqut Cholil Qoumas, akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama.


"Kelima Bapak Sakti Wahyu Trenggono, akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Terakhir Bapak Muhammad Lutfi, sekarang kita berikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan," ungkap Jokowi.



Tri Rismaharini, yang dikenal sebagai Wali Kota Surabaya sejak 2010, adalah perwakilan partai yaitu PDIP. Saat ini Risma (sapaan akrab Tri Rismaharini) adalah salah satu Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Moncong Putih.

Kemudian Sandiaga. Pada pemilihan presiden (pilpres) 2019, Sandiaga salah calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto yang kini adalah Menteri Pertahanan. Artinya, para rival politik Jokowi di pilpres 2019 sudah menjadi anggota kabinet.

Sandiaga memang berlatar belakang pengusaha, bahkan sempat menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesa (Hipmi). Sandiaga adalah salah satu pendiri Saratoga Capital.

Namun Sandiaga lebih tepat berpredikat sebagai 'utusan' partai. Dalam struktur kepengurusan Partai Gerindra 2020-2025, Sandiaga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina.

HALAMAN SELANJUTNYA >> BGS dan Lutfi Perwakilan Profesional

BGS dan Lutfi Perwakilan Profesional
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading