Istana: Pengenalan Menteri Baru Tunggu Jadwal Jokowi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 December 2020 09:58
Presiden Joko Widodo dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia 2021. (Tangkapan Layar Youtube PerekonomianRI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Istana Kepresidenan menegaskan perkenalan calon menteri baru anggota Kabinet Indonesia Maju akan tetap menyesuaikan waktu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut dikemukakan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi, Selasa (22/12/2020).

"Pemanggilan calon menteri masih menyesuaikan waktu bapak presiden," kata Heru.

Ia mengatakan, sampai saat ini belum ada jadwal resmi Jokowi akan memperkenalkan para calon menteri. Adapun agenda kegiatan Jokowi pada hari ini bersifat internal dan tertutup.

"Hari ini agenda rutin saja. Belum ada jadwal untuk calon menteri. Jika ada tentunya akan diberi tahu," jelasnya.

Adapun pemanggilan calon menteri ini merespons kabar perombakan kabinet (reshuffle), setelah dua kursi penyelenggara negara di tubuh kabinet kosong lantaran tersandung kasus korupsi.

Berdasarkan sumber CNBC Indonesia di lingkaran Ring 1, para calon menteri dikabarkan sudah bertemu dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno sejak beberapa hari lalu.

Reshuffle menjadi kebutuhan mendesak. Jokowi disebut telah melakukan evaluasi dalam beberapa bulan terakhir terhadap kinerja para menterinya, terutama dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.



Sumber CNBC Indonesia mengatakan, ada sejumlah nama besar yang akan diganti dari posisinya saat ini. Salah satunya, adalah Terawan Agus Putranto yang saat ini menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

Kinerja Terawan memang kerap kali dipertanyakan oleh sejumlah pihak. Terawan bahkan sempat 'menghilang' karena tak pernah muncul di hadapan publk untuk menginformasikan perkembangan Covid-19.

Budi Gunadi Sadikin, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disebutkan menjadi kandidat terkuat sebagai pengganti Terawan dalam memimpin Kementerian Kesehatan.

Kebetulan sejak Juli lalu, Budi yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah terlibat langsung dalam menangani pandemi Covid-19.

Kemudian, Sandiaga Salahuddin Uno yang akan menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selain itu, ada pula nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang dikabarkan menjadi Menteri Sosial. Risma disebut akan mengisi kekosongan kursi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang sebelumnya dipegang Juliari Batubara.

Sementara itu, Muhammad Lutfi juga disebutkan bakal mengisi pos Menteri Perdagangan. Eks Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu menjadi kandidat terkuat menggantikan Agus Suparmanto.

Kemudian, ada nama Yahya Cholil Staquf, yang merupakan Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU). Yahya Cholil dikabarkan akan menggantikan Fachrul Razi.

Terakhir, ada nama Wahyu Sakti Trenggono yang kabarnya akan ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Wahyu yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan, akan menggantikan Edhy Prabowo.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading