Susul Negara Lain, Rusia Blokir Inggris Gegara Corona 'Ganas'

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
21 December 2020 21:52
Brexit

Jakarta, CNBC Indonesia - Rusia menyusul negara-negara lain akhirnya mengumumkan pada Senin (21/12) akan menangguhkan penerbangan dengan Inggris selama satu minggu ke depan karena munculnya jenis virus covid-19 varian baru yang lebih 'ganas'.

Dilansir dari AFP, Senin (21/12/2020) keputusan pemerintah Rusia "untuk sementara menangguhkan penerbangan ke Inggris karena situasi epidemiologi yang memburuk" mulai dini hari (2100 GMT) pada hari Senin.

Covid-19 strain baru telah ditemukan di Inggris. Virus yang pertama kali beredar di selatan Negeri Ratu Elizabeth itu telah membuat ketakutan baru dunia karena kemampuannya yang 70% lebih cepat menyebar dibandingkan virus corona baru penyebab Covid-19 yang beredar saat ini. Hal itui membuat beberapa negara saat ini memutuskan untuk menutup sementara kedatangan dari Inggris melalui darat, laut maupun udara.


Ada beberapa negara yang melarang kedatangan orang dari wilayah Inggris ke wilayahnya. Negara-negara itu pun tersebar di benua Amerika, Eropa, Asia, dan Afrika.

Berikut ini daftar negara atau wilayah yang menutup aksesnya dari Inggris:

1. Hong KongBekas koloni Inggris itu melarang semua penerbangan yang datang dari Inggris mulai tengah malam ini. Selain itu, semua kedatangan internasional harus sudah menghabiskan 14 hari dalam isolasi di hotel.

2. PrancisPrancis telah menghentikan semua perjalanan dari Inggris selama 48 jam, termasuk siapa pun yang mengangkut barang "melalui jalan darat, udara, laut atau kereta api".

Larangan atas segala hal, kecuali pengiriman tanpa pendamping, muncul ketika perusahaan berebut untuk memindahkan barang dagangan melintasi selat jelang Inggris meninggalkan blok perdagangan UE.

3. Jerman
Jerman juga menghentikan hubungan udara dengan Inggris. Awalnya larangan dijadwalkan berlangsung hingga 31 Desember. Namun penerbangan kargo akan dibebaskan dari aturan ini.

Sumber pemerintah mengatakan kepada AFP bahwa Berlin telah "mengerjakan langkah-langkah" untuk memperpanjang penangguhan hingga Januari.

4. Belanda
Semua penerbangan penumpang dari Inggris ke Belanda telah dilarang hingga 1 Januari. Satu kasus strain baru telah ditemukan di negeri Kincir Angin, menurut laporan Kementerian Kesehatan.

5. Irlandia
Penerbangan dari Inggris dari tengah malam dilarang setidaknya selama 48 jam. Negara ini berbagi perbatasan yang sangat 'rapuh' sepanjang 499 kilometer (310 mil) dengan Inggris.

6. Italia
Menteri Kesehatan Italia Roberto Speranza mengatakan bahwa ia telah menandatangani sebuah keputusan "yang memblokir penerbangan dari Inggris Raya dan melarang masuknya orang-orang yang telah tinggal di sana selama 14 hari terakhir ke Italia".

Siapa pun di Italia yang baru-baru ini melakukan perjalanan dari Inggris harus menjalani tes, tambah pernyataan itu. Berdasarkan data otoritas setempat, strain baru telah ditemukan pada satu orang di Italia yang baru saja kembali dari Inggris.

7. Negara-negara Eropa lain
Selain keenam negara di atas, larangan juga diterapkan pemerintah Belgia, Finlandia, Swiss, Estonia, Latvia, Lithuania, Bulgaria, dan Rumania.

8. Kanada
Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan bahwa Kanada akan melarang semua penerbangan Inggris selama 72 jam. Dalam sebuah tweet, dia menambahkan mereka yang telah tiba dari Inggris pada hari Minggu (20/12/2020) akan dikenakan pemeriksaan sekunder dan "tindakan lanjutan" lainnya.

9. Turki
Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengatakan bahwa penerbangan dari Inggris, Denmark, Belanda, dan Afrika Selatan akan ditangguhkan.

10. Iran
Kementerian kesehatan Iran telah memerintahkan penerbangan dari Inggris ditangguhkan selama dua minggu.

11. Israel
Israel menyatakan akan melarang masuknya warga negara asing yang bepergian dari Inggris, Denmark dan Afrika Selatan.

Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu juga mengumumkan aturan karantina yang ketat bagi warga Israel yang kembali dari negara tersebut.

12. Arab Saudi
Arab Saudi mengatakan menghentikan semua penerbangan dan masuk melalui pelabuhan darat dan laut setidaknya selama seminggu, dengan opsi untuk diperpanjang selama seminggu lagi.

Penumpang yang tiba di Saudi dari Eropa atau negara manapun tempat strain baru terdeteksi akan diminta untuk mengisolasi diri selama dua minggu dan menjalani pengujian.

13. Kuwait
Kuwait telah menambahkan Inggris ke dalam daftar negara "berisiko tinggi" dan penerbangan yang dilarang.

14. El Salvador
Presiden El Salvador Nayib Bukele mengatakan bahwa siapapun yang pernah berada di Inggris atau Afrika Selatan dalam 30 hari terakhir tidak akan diizinkan masuk ke negara itu.

15. Argentina
Argentina telah melarang penerbangan dari Inggris. Dikatakan penerbangan terakhir dari Inggris akan tiba di negara itu pada hari Senin (21/12/2020)

16. Chile
Chile menangguhkan penerbangan dari Inggris mulai Selasa (22/12/2020). Pemerintah mengatakan siapa pun tanpa izin tinggal Chile yang telah berada di Inggris dalam dua minggu terakhir akan dilarang masuk ke negara itu.

17. Maroko
Maroko melarang semua penerbangan ke Inggris mulai hari Minggu (20/12/2020).

18. India
Pemerintah India pada Senin mengatakan akan menangguhkan semua penerbangan dari Inggris hingga 31 Desember setelah munculnya jenis baru virus corona.

"Mempertimbangkan situasi yang berlaku di Inggris. Pemerintah India telah memutuskan bahwa semua penerbangan yang berasal dari Inggris ke India akan ditangguhkan hingga 31 Desember 2020," kata Kementerian Penerbangan dalam sebuah tweet.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading