Warren Buffett Mendadak Peduli Pengusaha Kecil, Kenapa?

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
15 December 2020 21:10
warren buffet. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Investor kenamaan asal Amerika Serikat (AS) Warren Buffett mendesak kongres AS untuk segera memberikan stimulus baru kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak oleh lockdown pandemi covid-19.

Dilansir dari CNBC International, dalam acara Squawk Box, pemilik perusahaan investasi Berkshire Hathaway ini meminta para pemangku kebijakan untuk memperpanjang Program Perlindungan Gaji.

"Saya pikir negara berutang kepada jutaan pengusaha kecil... perbarui PPP (Payment Protection Program) dan bawa kita ke ujung terowongan," kata Buffett.


"Ketika kami memasuki Perang Dunia II, banyak industri ditutup; semuanya pergi ke produksi pertahanan. Yah, kami telah menutup banyak orang dalam resesi yang diinduksi ini dan yang lainnya menjadi makmur," tambahnya.

Pada Senin (14/12/2020) malam, sekelompok anggota parlemen bipartisan mempresentasikan paket stimulus fiskal US$ 908 miliar (Rp 12 ribu triliun). Proposal tersebut mencakup sekitar US$ 300 miliar (Rp 4 ribu triliun) untuk mendukung usaha kecil, termasuk restoran dan tempat hiburan.

Bisnis kecil telah berjuang untuk tetap bertahan selama pandemi karena pembatasan jarak sosial memaksa mereka membatasi kapasitas di perusahaan mereka. Beberapa bisnis terpaksa ditutup sementara. Namun dalam beberapa kasus hal ini terjadi juga karena kurangnya stimulus.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading