Internasional

Sah Biden Presiden AS, Kemenangan Disertifikasi Elektoral

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
15 December 2020 06:21
President-elect Joe Biden gestures on stage after speaking, Saturday, Nov. 7, 2020, in Wilmington, Del. (AP Photo/Andrew Harnik, Pool)

Jakarta, CNBC Indonesia - Joe Biden dikukuhkan sebagai presiden Amerika Serikat (AS) berikutnya Senin (14/12/2020) malam waktu setempat. Lembaga Elektoral (Electoral College) meresmikan kemenangannya atas Donald Trump.

Suara penentu datang dari negara bagian California, yang memberikan 55 suara. Ini sah membuat Biden melewati ambang batas 270 suara menjadi 302.


Suara Biden juga makin kuat setelah Hawaii memberikan empat suara. Biden menerima 306 total suara electoral sedangkan Trump 232 suara.

Dalam pernyataan yang dimuat tim transisi, Biden dijadwalkan akan segera berpidato malam waktu setempat. Ia disebut akan menekankan integritas Pilpres untuk meredam perpecahan warga AS.

"Jadi, sekarang saatnya membalik halaman. Untuk bersatu. Untuk menyembuhkan," bunyi pidato Biden dikutip CNBC Internasional dari rilis tim transisi.

Pemungutan suara elektoral biasanya hanya formalitas, yang dilakukan sebulan setelah pemungutan suara. Tapi upaya hukum dan legislatif Trump, yang belum pernah terjadi dalam sejarah AS, untuk membatalkan hasil pemilu telah memberikan signifikansi yang lebih besar pada proses tersebut.

Trump dan tim telah mengajukan lusinan tuntutan hukum sejak 3 November, hari di mana pemungutan suara digelar. Ia meminta pengadilan federal dan negara bagian membatalkan hasil pemilihan berdasarkan tudingan ada kecurangan.

Namun, berulang kali upaya Trump ini gagal. Ini mendorong dirinya untuk mengubah taktik dengan menekan legislator Republik untuk campur tangan dalam pemilihan individu, meski belum membuahkan hasil hingga kini.

Trump berdalih Biden bukan pemenang sah. Ia pun menyebut dirinya korban konspirasi nasional besar-besaran yang terkoordinasi untuk mengubah suara demi mendukung Biden.

Artikel Selanjutnya

Mengenal Electoral College, Bisa Buat Trump Presiden Lagi!


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading