Gokil Prabowo! RI Dapat F-15 & F-18 AS, Nambah 100 Jet Tempur

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
10 December 2020 08:26
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto Menerima kunjungan Christopher C Miller - United States Secretary of Defense (Menhan AS) di Kementerian Pertahanan RI. (Instagram/@Rizkyiransyah)

Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) menjual jet tempur F-15 dan F-18 ke Indonesia. Ini dilakukan setelah berbulan-bulan pertemuan antara pejabat tinggi pertahanan dari kedua negara dilakukan.

Nikkei Asia, mengutip pejabat Kementerian Pertahanan (Kemhan), mengabarkan sinyal kuat diberikan Plt Menteri Pertahanan Christopher Miller saat mengunjungi Jakarta pekan ini. Sebelumnya petinggi Pentagon itu datang dengan agenda kebebasan navigasi di Laut China Selatan (LCS), merujuk ketegangan Paman Sam dengan China.


"Indonesia telah mendorong AS menjual jet tempur F-15, F-18 dan F-35, tapi yang disepakati hanya dua model karena yang ketiga pengirimannya memakan waktu 10 tahun," tulis media tersebut mengutip Direktur Jenderal Strategi Pertahanan di Kementerian Pertahanan Indonesia, Rodon Pedrason, Kamis (10/12/2020).

Beberapa waktu lalu Menhan Prabowo Subianto juga rajin melobi beberapa negara seperti Prancis, Austria, dan Rusia agar mendapatkan jet tempur segera. Dengan Prancis, Prabowo menyatakan ketertarikannya untuk memboyong Jet Tempur Rafale.

Dengan Rusia, Prabowo berencana untuk membeli Sukhoi Su-35 dan dengan Austria, menteri dari Partai Gerindra ini bernegosiasi untuk membeli Eurofighter Typhoon bekas Angkatan Udara Wina. F-15 dan F-18 diproduksi oleh perusahaan kedirgantaraan terkemuka AS, McDonnell Douglas dan Boeing.

Sementara itu di kesempatan yang sama Pedrason mengatakan Kemhan di bawah Prabowo berencana mengadakan 100 jet tempur unggul. Ini guna menambah armada Indonesia yang saat ini hanya berjumlah kurang dari 60.

"Kami akan memiliki sekitar 170 jet tempur di akhir itu. Luar biasa," katanya.

Menurutnya RI menganggarkan US$ 9 miliar hingga US$ 11 miliar untuk persenjataan baru dan peralatan militer untuk 20 tahun ke depan. Pinjaman lunak ditawarkan sejumlah negara seperti Prancis, Turki, China dan Rusia.

"Sangat mendesak bagi kami sekarang untuk memiliki persenjataan yang dapat menyeimbangkan [kekuatan] melawan negara-negara titik merah di dekat kami" katanya.

Pesawat Jet Tempur F-15Foto: REUTERS/Bob Strong/File photo
Pesawat Jet Tempur F-15

Sementara itu, dilansir dari laman yang sama, RI juga disebut akan membeli model baru pesawat angkut militer Hercules, C130J dan C130H, yang diproduksi oleh Lockheed Martin. Dia menambahkan kementerian berencana untuk melatih hingga 300 pilot jet tempur dan sekitar 100 pilot untuk Hercules selama dua tahun ke depan.


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading