Freeport Didekati Tsingshan Buat Bangun Smelter di Halmahera

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
07 December 2020 19:30
TONY WENAS Freeport Indonesia (detikFoto/Rachman Haryanto)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Freeport Indonesia (PTFI) mengakui saat ini sedang didekati oleh Tsingshan Grup asal China untuk membangun smelter tembaga baru di Halmahera, Maluku Utara.

Direktur Utama Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan sampai saat ini pihaknya belum memutuskan dan ini masih dalam proses pembahasan.

"Memang benar kami di-approach Tsingshan yang berkeinginan juga membangun smelter tembaga di Halmahera, dan kami masih dalam tahap pembicaraan," ungkapnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi VII DPR RI, Senin (07/12/2020).


Menurut Tony, pembicaraan yang dimaksud yakni PTFI masih ingin mengetahui metode seperti apa yang digunakan, kapan kira-kira bakal rampung, seperti apa jadwal pembangunannya. Sampai saat ini, imbuhnya, belum ada kesepakatan apa pun.

"Ini masih jalan terus pembicaraan dan belum ada kesepakatan apa pun," ujarnya.

Meski belum ada kesepakatan, namun pihaknya mengaku sangat terbuka dengan siapa pun yang tertarik ingin bermitra dengan perusahaan untuk membangun smelter tembaga di Indonesia.

"Bisa lebih murah dari kami atau lebih cepat dari kami. Tentu saja kami terbuka untuk bermitra dengan mereka," paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan proyek smelter di kawasan industri terintegrasi JIIPE, Gresik, Jawa Timur, masih sesuai rencana dan pekan lalu Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin melakukan kunjungan ke sana. Di kawasan JIIPE ini pihaknya telah melakukan pile loading test tiang pancang.

"Jadi, pile test di 16 titik dengan kedalaman sekitar 15 meteran," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mengatakan, pembangunan proyek smelter tembaga memiliki potensi kerugian. Oleh karena itu, perlu adanya titik temu dari beberapa opsi yang ada.

"Karena bagaimana pun, kita akan mencari keseimbangan antara melakukan processing di dalam negeri dan menjaga keekonomian sehingga perusahaan bisa terhindar dari kerugian," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Proyek Smelter Tak Capai Target, Freeport Lolos dari Sanksi?


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading