Gelar Kelas Offline, Mitras DUDI Ajarkan Fotografi Bagi UMKM

News - Hidayat Arif Surbakti, CNBC Indonesia
03 December 2020 19:12
Mitras DUDI Ajarkan Teknik Fotografi Bagi Pelaku UMKM (CNBC Indonesia/ Hidayat Arif)

Bukittinggi, CNBC Indonesia - Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), menggelar lanjutan acara pelatihan fotografi dalam meningkatkan kualitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Pada hari kedua kelas offline ini, Mitras DUDI mengajak peserta untuk terjun langsung mengambil gambar ke sejumlah objek yang ada di Pasar Ateh Bukittinggi.

"Kami perwakilan dari MITRAS DUDI mengajak para peserta belajar bersama untuk mengambil gambar, menangkap momen-momen mulai dari sisi artistik, objek diam maupun bergerak seperti orang, situasi , pemandangan atau benda-benda dengan berbagai unsur warna. Bagaimana teknik cara pengambilannya, kapan dan dimana momen tersebut diambil sehingga dapat membangun feeling dan kebanggaan sendiri bagi peserta saat mengambil foto dengan terjun langsung di lapangan jadi tidak hanya sebatas teori", kata Kasubag TU Direktorat Mitras Dudi, Yudil Chatim, Rabu(02/11/2020).", kata Kasubag TU Direktorat Mitras Dudi, Yudil Chatim, Rabu (2/11/2020).


Dalam kesempatan ini pihak Mitras DUDI menginginkan para peserta yang merupakan pelaku usaha bisa memiliki kemampuan fotografi yang baik untuk mempromosikan produk-produk mereka. Para peserta bahkan mendapat bimbingan langsung dengan ditemani fotografer profesional sehingga bisa mempraktikkan teknik fotografi yang mudah dengan hasil yang berkualitas.

Nomee Celcius, fotografer yang langsung menemani peserta mengatakan, saat ini mengambil gambar tidak perlu dilakukan dengan kamera mahal, namun cukup dengan ponsel genggam, gambar yang baik bisa dengan mudah didapatkan. Meski demikian, masih kurangnya pemahaman tentang sejumlah fitur maupun pengaturan yang ada, membuat pengambilan gambar di ponsel masih belum maksimal.

"Pada dasarnya tidak punya kamera bukan halangan karena handphone bisa jadi kamera yang baik asal bisa memanfaatkan cahaya dan peserta hari ini banyak yang pake handphone dan saya ajarkan gimana pake kamera hape yang baik", kata Nomee.

Kelas fotografi yang diberikan kepada peserta diharapkan mampu mendongkrak kemampuan promosi serta daya jual para pelaku usaha, khususnya pelaku UMKM di Bukittinggi. Sejak merebaknya pandemi Covid-19, sektor UMKM banyak yang beralih ke e-commerce karena banyaknya pembelian secara online dan hal inilah yang menjadi alasan Mitras DUDI memberikan pelatihan fotografi.

Dalam penjualan secara online, visualisasi memiliki faktor yang sangat penting dalam promosi, baik foto maupun video. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan semakin banyak UMKM yang maju sehingga menghidupkan perekonomian tanah air.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading