Covid-19 Meledak, Taiwan Setop Terima WNI untuk Kerja!

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
30 November 2020 17:42
A Taiwanese national flag flutters at half-staff at presidential office Saturday, Aug. 1, 2020, two days after former President Lee Teng-hui died in Taipei, Taiwan. Lee, who brought direct elections and other democratic changes to the self-governed island despite missile launches and other fierce saber-rattling by China, died on Thursday at age 97. (AP Photo/Chiang Ying-ying)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Taiwan menyatakan akan menutup sementara keran pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke pulau di Samudera Pasifik itu. Hal ini dilakukan menyusul gelombang imported case yang diterima Taipei dari pekerja migran asal Indonesia.

Dikutip dari CNA, Pemerintah Taipei mengumumkan hal tersebut pada Senin (30/11/2020) untuk menutup arus TKI yang bekerja di negara itu.

Pusat Komando Epidemi Pusat Taiwan mengatakan akan menangguhkan masuknya pekerja Indonesia dari 4 Desember hingga 17 Desember, dan mempertimbangkan apakah akan melanjutkan masuk dari 18 Desember, tetapi membatasi jumlahnya menjadi setengah dari yang diharapkan.


Sejauh ini, Taiwan sudah mengkonfirmasi 20 kasus yang didapatkan dari ketibaan TKI baru di sana, sementara 103 orang lainnya sedang dalam karantina ketat menyusul kontak langsungnya dengan para pengidap virus tersebut.

Taiwan merupakan wilayah yang populer bagi TKI untuk bekerja. Saat ini terdapat 250 ribu orang Indonesia yang bekerja disana dengan mayoritas bekerja di sektor rumah tangga.

Untuk memperketat pintu masuknya, Taiwan akan memperketat persyaratan masuk untuk semua kedatangan, membutuhkan bukti tes negatif dari hampir semuanya, termasuk warga Taiwan yang sebelumnya tidak harus memberikan bukti tersebut untuk pulang.


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading