Internasional

Trump Kasih Restu Transisi, Selain Yellen Ini Menteri Biden

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
24 November 2020 09:09
President-elect Joe Biden gesturing to supporters, Saturday, Nov. 7, 2020, in Wilmington, Del. (AP Photo/Andrew Harnik, Pool)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden disebut akan segera mengumumkan nama menteri di kabinetnya Selasa (24/11/2020) ini. Sejumlah nama berseliweran disebut sebagai kandidat kuat 'pembantu' mantan Wakil Presiden Barrack Obama ini.

Biden disebut memilih mantan Ketua Federal Reserve Janet Yellen sebagai Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS). Meski belum ada konfirmasi dari Biden dan Yellen, sejumlah media AS menyebut kepastian ini dari sumber, termasuki CNBC Internatonal dan Bloomberg.

Lalu bagaimana kandidat lainnya?

Dikutip dari Reuters, kabinet baru ini mencerminkan janji Biden untuk membangun pemerintahan yang mencerminkan keragaman bangsa. Biden diperkirakan akan mengumumkan lebih banyak posisi Kabinet dan Gedung Putih dalam beberapa hari mendatang.

Berikut adalah beberapa pilihan penting dan 'kandidat' teratas dalam gerbong pemerintahan Biden :

Menteri Luar Negeri: Anthony Blinken

Sebagai orang kepercayaan lama Biden yang menjabat sebagai no 2 di Departemen Luar Negeri AS dalam pemerintahan Presiden Obama. Blinken disebut sumber ditunjuk sebagai menteri luar negeri pilihan Biden, Senin (23/11/2020)

Penasehat Keamanan Nasional: Jake Sullivan

Sullivan sebelumnya adalah penasihat keamanan nasional Biden ketika dia menjabat sebagai wakil presiden untuk Obama. Selain itu Sullivan juga pernah menjabat sebagai wakil kepala staf menteri luar negeri era Hillary Clinton.

Menteri Keamanan Dalam Negeri: Alejandro Mayorkas

Pengacara kelahiran Kuba ini akan menjadi orang Latin pertama dan imigran pertama yang mengepalai departemen, jika terkonfirmasi ditunjuk Biden. Ia pernah ditunjuk sebagai kepala Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi (CIS) di bawah Obama, Mayorkas memimpin program yang dinamakan "Dreamers" untuk para anak-anak imigran yang datang secara ilegal.

Direktur Intelijen Nasional: Avril Haines

Haines bukan orang baru dalam dunia intelijen AS. Ia pernah menjabat sebagai wakil penasihat keamanan nasional di bawah Obama.

Ia juga merupakan wanita pertama yang menjabat sebagai Wakil Direktur CIA. Selain itu Haines juga memegang beberapa jabatan di Universitas Columbia setelah meninggalkan pemerintahan Obama pada tahun 2017.

Duta Besar AS untuk PBB: Linda Thomas-Greenfield

Calon Biden untuk menjadi duta besar AS berikutnya untuk PBB adalah Linda Thomas-Greenfield. Dia adalah wanita kulit hitam yang menjabat sebagai diplomat tertinggi Obama di Afrika dari 2013 hingga 2017 serta memimpin kebijakan AS di sub-Sahara Afrika selama wabah Ebola Afrika Barat.

Perwakilan Presiden untuk Urusan Iklim: John Kerry

Mantan Senator dan Sekretaris Negara AS Kerry akan bertindak sebagai "tsar iklim" di pemerintahan Biden. Kerry membantu merundingkan kesepakatan iklim Paris yang Biden inginkan untuk bergabung kembali, setelah Trump meninggalkannya.


Menteri Lainnya?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading