Terbang ke Makassar, Wanita Ini Melahirkan di Atas Pesawat

News - Lynda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
18 November 2020 15:23
Maskapai Penerbangan Lion Air. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah proses persalinan di atas pesawat kembali terjadi. Seorang wanita bernama Anastasia Geavani menumpangi pesawat Lion Air JT-797 rute Jayapura-Makassar.

Wanita itu berhasil melahirkan di dalam kabin pesawat udara. Semua proses berjalan lancar sesuai prosedur.

"Penanganan satu penumpang bernama Anastasia Geavani yang melahirkan di dalam pesawat udara pada Selasa (17/ 11) sudah sesuai standar prosedur (SOP)," tulis Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan tertulis kepads CNBC Indonesia, Rabu (18/11/2020).


Sebelum diberangkatkan, pihak maskapai mengatakan bahwa Lion Air JT-797 sudah menjalani pemeriksaan. Seluruhnya dinyatakan laik dan aman untuk terbang (airworthy for flight).

Setidaknya, 50 menit dari jadwal terbang, pendamping dari Anastasia meminta bantuan kepada awak kabin dan meminta air putih hangat.

Melihat adanya tanda-tanda persalinan, pimpinan awak kabin menginformasikan apakah dalam penerbangan tersebut terdapat profesi dokter. Beruntung, penumpang tersebut melakukan persalinan dibantu oleh seorang penumpang bernama Marthna Setiawati Randabunga yang berprofesi sebagai dokter kandungan.

Persalinan berjalan normal, dilakukan di kursi bagian belakang. Ibu dan anak dalam keadaan sehat serta selamat.

Pesawat kemudian mendarat di bandara udara terdekat yakni di Bandara Pattimura, Ambon. Penumpang yang melahirkan diturunkan di bandara tersebut, dan pesawat melanjutkan penerbangan.

Kronologi >> Halaman Selanjutnya

Kronologi Penerbangan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading