Penonton Kecewa & Fakta Belum Cairnya Bantuan Gaji Tahap II

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
13 November 2020 10:24
Infografis: Subsidi Gaji Bisa Gagal Cair Gara-Gara Masalah Remeh Ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyaluran bantuan subsidi gaji tahap kedua banyak yang belum menerima. BPJS Ketenagakerjaan jadi bulan-bulanan para penerima bantuan upah karena banyak yang belum mendapatkannya.

Penyaluran bantuan subsidi gaji tahap kedua yang seharusnya cair pada minggu ini, BPJS Ketenagakerjaan mengumumkan harus ditunda lantaran BPJS Ketenagakerjaan masih melakukan validasi data upah.

"Mohon maaf untuk ketidaknyamanannya. BSU [bantuan subsidi upah] tahap kedua ditunda sementara," tulis pengumuman BPJS Ketenagakerjaan dalam akun twitter @BPJSTKinfo, seperti dikutip CNBC Indonesia, Jumat (13/11/2020).

"Data upah yang dilaporkan perusahaan ke BPJSTK akan disamakan dengan data upah yang dilaporkan ke kantor pajak," katanya.

Nah, Humas BPJS Ketenagakerjaan pagi ini, Jumat (13/11/2020) kepada CNBC Indonesia meralat pengumuman tersebut. "Bahwa Penyaluran BSU termin II dalam proses pelaksanaan secara bertahap oleh Kemnaker."

"BPJS Ketenagakerjaan dalam BSU ini hanya sebagai mitra penyedia data. Untuk proses penyaluran ada di Kemnaker," tuturnya lagi.

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan memastikan pencairan subsidi gaji akan mulai disalurkan pada Senin 9 November 2020. Pencairan subsidi gaji tahap kedua akan dilakukan secara bertahap.

Diketahui, BLT pekerja bergaji di bawah Rp5 juta adalah salah satu program perlindungan sosial dalam penanganan pandemi covid-19.

Pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp37,7 triliun dalam menyalurkan BLT kepada pekerja bergaji di bawah Rp5 juta. Sejauh ini, BLT sudah disalurkan untuk 12,4 juta pekerja.

Halaman Selanjutnya >> Pernyataan Kemenaker Soal Pencairan Upah

 


Pernyataan Kemenaker
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading