Tutup, Pabrik Sepatu Mizuno di Tangerang PHK Massal Bulan Ini

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
09 November 2020 13:58
Women work on the production line at Complete Honour Footwear Industrial, a footwear factory owned by a Taiwan company, in Kampong Speu, Cambodia, July 4, 2018. REUTERS/Ann Wang    SEARCH

Jakarta, CNBC Indonesia - Teka teki produsen sepatu di Tangerang yang PHK massal akhirnya terungkap. Produsen sepatu itu adalah PT Panarub Dwikarya, yang berlokasi di Kp. Babakan RT 010/002, Desa Sukanegara, Kec. Cikupa, Kab. Tangerang, Banten. 

PT Panarub Dwikarya merupakan bagian dari Panarub Group yang memproduksi sepatu Mizuno. Perusahaan ini adalah anak usaha dari Panarub Industry yang berlokasi di Pasar Baru, Kota Tangerang. Selain itu, Panarub Grup juga punya pabrik sepatu di Brebes Jawa Tengah melalui bendera PT Rubber Pan Java (RPJ), yang memproduksi sepatu Adidas dan Mizuno.

Presiden Direktur PT RPJ  Budiarto kepada CNBC Indonesia, membenarkan kabar soal akan setopnya pabrik Panarub Dwikarta di Cikupa, Tangerang. Sehingga PHK massal tak terhindari.


"Rencana memang akan stop operation Panarub Dwikarya, jadi PHK karyawan akan terjadi kemungkinan di akhir November/Desember," katanya kepada CNBC Indonesia, Senin (9/11).

Sebelum konfirmasi itu, pihak pemerintah daerah hanya mengabarkan soal rencana PHK massal pabrik sepatu di Kabupaten Tangerang.

"Benar 1.800 pegawai di-PHK, Lokasinya di Cikupa, akhir bulan ini tutup," kata Kepala Seksi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI) Disnaker Kabupaten Tangerang, Hendra.

Adapun penyebabnya karena hingga kini perusahaan terus mengalami kerugian. Pesanan yang datang masih mengalami penurunan dibanding waktu normal. Sementara perusahaan tetap harus menanggung biaya yang dikeluarkan. Akhirnya, pegawai yang menjadi korban. Meski demikian, hak pekerja tetap diberikan.

"Alasan PHK yang disampaikan perusahaan karena merugi. Untuk pegawai PHK diberikan pesangon," sebutnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Januari Sudah Goyang, PHK Massal Maskapai Tak Terhindari


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading