Saat Jokowi Sudah Gak Sabar Kerja Sama dengan 'Opa' Biden

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
09 November 2020 09:08
Jokowi dan Biden, Instagram @jokowi

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memberikan selamat kepada Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden dan pasangannya Kamala Harris setelah capres-cawapres AS itu menang melawan petahana dari Republik, Donald Trump dan Mike Pence.

"Selamat terhangat saya Joe Biden dan Kamala Harris atas pemilihan bersejarah Anda. Hasil yang sangat besar ini adalah cerminan dari harapan yang ditempatkan pada demokrasi," kata Jokowi, di akun Facebook dan Instagram resminya.

"[RI] menantikan bekerja sama dengan Anda dalam memperkuat kemitraan strategis Indonesia-AS dan mendorong kerja sama kita di bidang ekonomi, demokrasi dan multilateralisme untuk kepentingan kedua negara kita [RI-AS] dan seterusnya."


[Gambas:Instagram]



Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden bersama pasangannya Kamala Harris akhirnya memenangi Pilpres AS mengalahkan petahana dari Republik, Donald Trump-Mike Pence setelah meraih sebanyak 290 electoral votes.

Berdasarkan data AP pada Minggu pagi (8/11/2020) waktu Indonesia, Biden meraih 290 electoral votes, sementara petahana Trump hanya 214 suara elektoral. Jumlah itu melampaui ambang batas 270 electoral votes dari total 538 electoral votes untuk bisa memenangkan Pilpres AS.

Raihan 290 suara elektoral oleh Biden terjadi setelah sang wapres era Presiden Barack Obama itu mendapatkan kemenangan tipis di negara bagian Pennsylvania yang memiliki 20 electoral votes, dengan meraih 49,7% suara, sementara Trump 49,2%.

Joseph Robinette Biden Jr. atau biasa disebut Joe Biden adalah seorang politikus yang sempat menjabat sebagai wakil presiden ke-47 AS dalam pemerintahan presiden ke-44 Barack Hussein Obama II dari 2009 hingga 2017.

Pria kelahiran Kota Scranton, Pennsylvania pada 20 November 1942 (78 tahun) ini juga seorang anggota Partai Demokrat, yang sempat menjabat sebagai Senator Amerika Serikat untuk Delaware dari tahun 1973 hingga 2009. Sebagai catatan, di Pennsylvania, Biden juga menang tipis atas Trump.

Terkait dengan perdagangan RI-AS, data Kemenlu menunjukkan, AS merupakan salah satu mitra dagang utama Indonesia.

Total nilai perdagangan bilateral antar kedua negara mencapai US$ 27,1 miliar pada tahun 2019, dengan nilai ekspor Indonesia ke AS sebesar US$ 17,8 miliar dan nilai impor sebesar US$ 9,3 miliar. Perdagangan RI-AS juga mencatat surplus dalam 5 tahun terakhir.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading