Duh! Kepatuhan Protokol Kesehatan Turun Saat Libur Panjang

News - dob, CNBC Indonesia
04 November 2020 20:51
Petugas melakukan pengecekann tiket dan surat bebas covid-19 penumpang sebelum memasuki ruang tunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (28/10/2020). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia- Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa disiplin warga dalam menjalankan protokol kesehatan mengalami penurunan saat libur panjang akhir Oktober.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas COVID-19, Dr Dewi Nur Aisyah, mengatakan hal ini diketahui dari sistem monitoring yang melibatkan sejumlah petugas, termasuk TNI, Polri, Satpol PP dan Duta Perubahan Perilaku. Total ada 3 juta laporan dan 1.026.138 warga yang dipantau di tempat wisata selama periode libur panjang mulai dari 28 Oktober sampai 1 November.

"Rabu pada saat liburan, tingkat kepatuhan memakai masker agak sedikit turun. Kemudian di hari Kamis juga turun, kemudian Jumat turun. Yang agak tinggi (penurunan) di hari Sabtu," kata Dewi, Rabu (4/11/2020).


Namun, Dokter Dewi mengatakan kepatuhan #pakaimasker masih berada di atas 80%. Sementara kepatuhan menjaga jarak sempat turun di bawah 80% pada saat libur panjang kemarin. "Bisa jadi ini karena bertemu dengan banyak orang juga, sebagian orangnya ini mungkin melihat sekeliling," lanjut Dewi.


Menurut Dewi secara umum dalam periode libur panjang ada 602.372 orang di tempat wisata yang ditegur karena melanggar protokol kesehatan. Jumlah tersebut 72,86% lebih banyak dari periode sebelumnya di tempat yang sama.

"Lagi-lagi ini balik bagaimana kita bisa bergerak bersama-sama untuk saling patuh. Kedisiplinan itu tidak bisa individu harus kolektif," ujar Dewi.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading