Libur Panjang

Mudik Lebaran Kalah, Setengah Juta Kendaraan Tinggalkan DKI!

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
30 October 2020 11:20
Suasana kemacetan terjadi di Tol Halim mengarah ke Tol Dalam Kota, Cawang, Jakarta Timur, kemacetan kembali terjadi di Tol dalam kota Gatot Subroto, Jakarta. 15/6/20.(CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 509.140 kendaraan meninggalkan Jakarta pada periode tiga hari libur cuti bersama dan Maulid Nabi 1442 H (27-29 Oktober 2020) melalui tol. Angka ini melonjak drastis dibandingkan hari normal. Artinya rata-rata ada 169 ribu kendaraan per hari, atau jauh melampaui capaian musim mudik Lebaran 2020 lalu.

Jumlah itu merupakan akumulasi arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yakni GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan).

Rekor musim libur panjang ini terbilang sangat besar bila dibandingkan dengan masa periode mudik Lebaran di Mei 2020 dari lokasi-lokasi gerbang tol yang sama. Laporan Jasa Marga sebelumnya, mencatat pada periode H-7 sampai dengan H-2 Idul Fitri, lalu lintas jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta mencapai 430.993 unit selama 6 hari, atau rata-rata hanya 71 ribu kendaraan per hari.


Pilihan Redaksi

    "Total volume lalin yang meninggalkan Jakarta ini naik 40,3% jika dibandingkan lalin new normal," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, Jumat (30/10/20).

    Heru menyebutkan bahwa distribusi lalu lintas meninggalkan Jakarta mayoritas sebanyak 50,02% menuju arah Timur. Selebihnya, 27,73% menuju arah Barat dan 22,25% menuju arah Selatan.

    Adapun rincian distribusi lalin sebagai berikut:

    Arah Timur:

    - GT Cikampek Utama 1, dengan jumlah 143.820 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 80,0% dari lalin new normal.
    - GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 110.853 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 51,0% dari lalin new normal.
    Total kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur adalah sebanyak 254.673 kendaraan, naik sebesar 66.1% dari lalin new normal.

    Arah Barat:

    Lalin meninggalkan Jakarta menuju arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 141.184 kendaraan, naik sebesar 16,8% dari lalin new normal.

    Arah Selatan:

    Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 113.283 kendaraan, naik sebesar 27,6% dari lalin new normal.

    "Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol," serunya.

    Ia juga meminta masyarakat memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak saat berada di Tempat Istirahat dan isi BBM.

    Selain itu, perlu memastikan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.


    [Gambas:Video CNBC]

    (hoi/hoi)
    Terpopuler
      spinner loading
    Features
      spinner loading