Berkecepatan 175 km/jam, Badai Zeta Sapu AS Bagian Selatan

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
29 October 2020 12:00
Badai Sally di Florida Panhandle dan pantai Alabama. AP/Lukas Flippo

Jakarta, CNBC Indonesia - Badai Zeta menghantam Amerika Serikat bagian Selatan. Membuat angin besar dan gelombag laut mengarah ke Pantai Louisian dan diperkirakan juga akan menyapu kawasan New Orleans.

Badai Zeta memiliki kekuatan angin dengan kecepatan 110 mil (175 kilometer) per jam. Menguat dan bergerak ke daratan dekat Cocodrie, daerah terpencil di Louisiana bagian Tenggara pada Rabu kemarin. Badai Zeta juga diperkirakan akan menyapu kawasan New Orleans.

Pusat Badai Nasional mengeluarkan peringatan mengenai badai yang menutupi New Orleans dan mengatakan, "Gelombang badai yang mencam jiwa dan angin kencang diperkirakan terjadi di sepanjang bagian Pantai Teluk Utara," ujarnya melansir dari AFP, Kamis (29/10/2020)


Walikota New Orleans, LaToya Cantrell juga mengatakan hal yang sama. Katanya, diperkirakan badai akan segera datang secara langsung dan berdampak pada kota New Orleans.

Pejabat setempat telah mendesak penduduk untuk mengevakuasi diri ke daerah yang aman atau ke daerah yang banyak memiliki persediaan makanan, air, dan obat-obat darurat, selama tiga hari.

Badai Zeta kemungkinan akan berlangsung selama 6 hari, sampai dengan Hari Pemilihan Umum setempat. Membuat pemungutan suara dilakukan lebih awal di Louisiana, diharapkan hal tersebut tidak akan mempengaruhi hasil pemungutan suara.

Badai Zeta merupakan badan besar kelima yang melanda Louisiana tahun ini.

Daerah New Orleans pun berulang kali harus melewati kewaspadaan. Sebelumnya badai juga sempat melanda kota-kota seperti Danai Charles atau sekitar 200 mil (320 kilometer) atau dekat dengan perbatasan Texas.

Pejabat setempat memperingatkan kepada penduduk setempat untuk selalu waspada, karena risiko angin yang berbahaya dan kerusakan aset-aset, serta pemadaman listrik yang bisa terjadi sewaktu-waktu.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading