Pemulihan Pariwisata

Siap-Siap! Hibah Rp 3,3 T Disebar ke Hotel-Resto Hingga Pemda

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
21 October 2020 15:05
Pemkab dan pelaku usaha pariwisata di Banyuwangi memperkenalkan Villa Solong

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mengucurkan dana hibah sekitar Rp 3,3 triliun yang merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memulihkan perekonomian.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengemukakan dana tersebut akan digunakan untuk membantu pemerintah daerah, serta industri hiburan seperti hotel maupun restoran yang terkena dampak Covid-19.

"Melalui hibah pariwisata, diharapkan industri dapat terbantu untuk meningkatkan kesiapan destinasi dalam penerapan protokol kesehatan," kata Wishnutama dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (21/10/2020).



Wishnutama menjelaskan, hibah pariwisata ini merupakan bantuan hibah tunai yang disalurkan melalui mekanisme transfer ke daerah. Dana tersebut akan diberikan kepada pemerintah daerah setempat maupun industri hiburan setempat.

"Yang ada di 101 daerah kabupaten kota yang berdasarkan beberapa kriteria yaitu ibu kota 34 provinsi berada di 10 destinasi pariwisata prioritas dan 5 destinasi super prioritas," katanya.

"Daerah yang termasuk 100 kalender of event, destinasi branding, juga daerah dengan pendapatan dari pajak hotel dan pajak restoran minimal 15% dari total PAD Tahun Anggaran 2019," jelasnya.

Adapun 70% dana yang disalurkan melalui mekanisme transfer ke daerah akan mengacu pada realisasi pajak hotel dan pajak restoran yang diterima pemerintah daerah untuk tahun fiskal 2019.

"Hibah pariwisata ini akan dilaksanakan hingga bulan Desember 2020," jelasnya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Resor di Bintan Bangkrut, Satu Per Satu Bisnis Hotel Tumbang


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading