Prabowo Sowan Menhan Prancis Malam Ini, Nego Soal Rafale?

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
21 October 2020 13:57
Infografis, Prabowo di antara Dua Pilihan, Eurofighter atau Sukhoi Su-35?

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto dijadwalkan menemui Menteri Pertahanan Prancis Florency Parly di Hotel de Brienne, Paris, Prancis, Rabu (21/10/2020) pukul 20.30 waktu setempat.

Pertemuan itu diketahui dari agenda resmi Parly yang diunggah akun Twitter resminya @florence_parly seperti dikutip CNBC Indonesia, Rabu (21/10/2020).




"20h30 : Pertemuan dengan Prabowo Subianto, menteri pertahanan Republik Indonesia di Hotel de Brienne," tulis @florence_parly.




Perjumpaan itu maju sehari dibandingkan agenda sebelumnya yang diunggah Kementerian Pertahanan Prancis, Jumat (16/10/2020). Saat itu, Parly dijadwalkan menerima Prabowo di tempat yang sama pada Kamis (22/10/2020).

Belum diketahui secara pasti agenda Prabowo dalam pertemuan. Juru Bicara Menhan RI Dahnil Anzar Simanjuntak dan Duta Besar LBBP Indonesia Prancis, merangkap Monako, Andorra, dan UNESCO Arrmanatha Nasir tidak bersedia memberikan tanggapan.

Satu yang pasti, ini merupakan kunjungan kedua Prabowo ke Prancis. Awal tahun ini, Prabowo pun menemui Parly. Saat itu, salah satu media terkemuka Prancis, La Tribune, menulis Indonesia tertarik membeli sejumlah alutsista buatan Prancis, salah satunya jet tempur Rafale.

Ditemui selepas menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/1/2020), Prabowo tertawa lepas saat ditanya wartawan perihal kabar itu. Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya itu tidak membenarkan maupun membantah berita tersebut.

"Itu mungkin keinginan Prancis. Itu bisa saja itu," kata Prabowo.

Kendati demikian, Prabowo tidak menampik Indonesia harus meningkatkan kapasitas pertahanan, salah satunya dengan cara memodernisasi alutsista yang ada.



Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono menegaskan kunjungan Prabowo bukan jaminan Indonesia akan membeli alutsista buatan Prancis, termasuk jet tempur Rafale.

"Kalau melihat kan boleh, masak nggak boleh? Tapi belum tentu beli kan," kata Trenggono di sela rapat pimpinan Kementerian Pertahanan, TNI, dan Polri, di kantor Kemenhan, Rabu (22/1/2020).


(miq/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading