Katanya Resesi, Penjualan Mobil September Malah Pecah Rekor

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
13 October 2020 13:15
Petugas melakukan pengecekan fisik kendaraan sebelum di kirimkan ke pelanggan di Dealer Honda Sawangan, Depok, Jawa Barat (17/9/2020). Kementerian Perindustrian mengusulkan relaksasi pajak pembelian mobil baru sebesar 0 persen atau pemangkasan pajak kendaraan bermotor (PKB). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan mobil bulan September 2020 lalu kembali melonjak dibandingkan bulan sebelumnya. Bahkan mencapai yang tertinggi di masa pandemi Covid-19 yaitu mencapai hampir 50 ribu unit. Secara tahunan memang masih ada penurunan, karena saat normal rata-rata penjualan  mobil bisa sampai 80 ribu unit per bulan.

"Untuk wholesales (dari pabrik ke dealer) bulan September naik menjadi 48.554 unit atau naik 30%. Sementara ritel naik menjadi 43.362 unit atau ada peningkatan 15,2%," kata Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara, kepada CNBC Indonesia, Selasa (13/10).

Namun Kukuh menyoroti adanya jarak selisih penjualan yang cukup jauh antara wholesales dan ritel, yakni berjumlah 5.192 unit. Ia menilai selisih tersebut terjadi karena konsumen masih menahan pembelian.


"Nampaknya ada dampak dari wacana (pembebasan pajak) 0% itu. Jadi kalau ritel kan di end user, mereka cenderung menahan," sebutnya.

Calon pembeli pada umumnya masih menunggu, sembari berharap relaksasi pajak yang sudah didengungkan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang terjadi. Ini karena bila pajak 0% terealisasi maka harga mobil baru bisa lebih murah mencapai 40%.

Sayang, nampaknya itu hanya 'harapan palsu', karena mau berjalan dua bulan sejak isu itu berhembus, kebijakan tersebut masih menggantung di Kementerian Keuangan.

Meski Kemenkeu belum juga mengambil keputusan soal pajak 0%, namun data penjualan September yang mencapai 48.554 unit, artinya meningkat dari bulan sebelumnya atau Agustus yang berada di 37.291 unit. Di bulan Juli, penjualan hanya menyentuh di angka 25.283 unit, bahkan jauh lebih baik di bulan sebelumnya hanya 12.623 unit.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading