Trump Tolak Debat Virtual Vs Biden!

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
08 October 2020 21:45
President Donald Trump and Democratic candidate former Vice President Joe Biden both speak during the first presidential debate Tuesday, Sept. 29, 2020, at Case Western University and Cleveland Clinic, in Cleveland, Ohio. (AP Photo/Patrick Semansky)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan keberatan dan akan menolak untuk berpartisipasi dalam debat kedua presiden yang dilakukan secara virtual.

Trump, yang kini positif terjangkit Covid-19, menyebut gagasan debat jarak jauh "konyol" dan menuduh komisi debat tanpa bukti berusaha melindungi lawannya, Joe Biden dari Partai Demokrat.

"Saya tidak akan membuang-buang waktu saya untuk debat virtual, bukan itu yang dimaksud dengan debat," kata Trump dalam wawancara televisi Fox Business pada Kamis (8/10/2020).

"Anda duduk di belakang komputer dan berdebat, itu konyol. Itu tidak bisa kami terima," lanjutnya.

Manajer Kampanye Trump, Bill Stepien, mengecam komisi debat sebagai "makhluk rawa" yang berusaha melindungi Biden. Ia menyebut perpindahan ke debat virtual adalah hal yang "menyedihkan".

"Keamanan semua pihak yang terlibat dapat dengan mudah dicapai tanpa membatalkan kesempatan bagi pemilih untuk melihat kedua kandidat saling berhadapan," kata Stepien dalam sebuah pernyataan. "Kami akan menyampaikan alasan menyedihkan ini untuk menyelamatkan Joe Biden dan sebagai gantinya melakukan rapat umum."

Sementara pihak Biden mengeluarkan pernyataan yang terkesan menyetujui keputusan komite sekaligus menandakan akan menyetujui format virtual.

"Wakil Presiden Biden berharap dapat berbicara langsung dengan rakyat Amerika," kata Kate Bedingfield, wakil manajer kampanye Biden.



(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading