Bahaya, Konsumen RI Makin Tak Pede Arungi Ekonomi!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
06 October 2020 10:13
Karyawan mengangkat papan Bazar Matahari di Kawasan Mall Blok M, Jakarta, Selasa, 24/3. Patuhi social distancing, sejumlah tenant di mal Jakarta tutup sementara. sebagai salah satu upaya pencegahan penularan dan penyebaran virus corona tipe baru. Penutupan sementara berlangsung mulai Senin kemarin. Salah satu tenant Bazar Matahari ini mulai berkemas-kemas untuk menaruh barangnya di gudang. Pantauan CNBC Indonesia lokasi tenant yang berada di lantai 1 Mall Blok M ini tadinya menjajakan dagangannya seperti pakaian dan sepatu yang dijual secara diskon. Karyawan penjaga Bazar Matahari yang tidak mau disebutkan namanya

Jakarta, CNBC Indonesia - Keyakinan konsumen Indonesia terhadap perekonomian saat ini dan beberapa bulan ke depan turun. Ini tercermin dari koreksi Indeks Keyakinan Konsumen (IKK).

Bank Indonesia (BI) melaporkan, IKK pada September 2020 adalah 83,4. Turun dibandingkan sebulan sebelumnya yang sebesar 86,9.

"Tertahannya perbaikan keyakinan konsumen terjadi pada seluruh kategori responden, baik menurut tingkat pengeluaran maupun kategori kelompok usia. Secara spasial, keyakinan konsumen menurun di 13 dari 18 kota survei, dengan penurunan terdalam di DKI Jakarta, diikuti Denpasar dan Padang," sebut keterangan tertulis BI yang dirilis Selasa (6/10/2020).


Keyakinan konsumen yang tertahan pada September 2020, lanjut laporan BI, terutama disebabkan oleh menurunnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada enam bulan yang akan datang. Hal itu disebabkan oleh perkiraan terhadap ekspansi kegiatan usaha, ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan ke depan yang tidak sekuat pada bulan sebelumnya, meskipun berada pada level optimistis.

"Sementara itu, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini menurun, seiring keyakinan konsumen terhadap penghasilan dan pembelian barang tahan lama yang turun," sebut keterangan BI.


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading