Internasional

Berhasil Sembuh dari Covid, Ini Pesan PM Inggris buat Trump

News - tahir saleh, CNBC Indonesia
04 October 2020 19:55
Britain's Prime Minister Boris Johnson delivers a speech during a visit to Dudley College of Technology in Dudley,  England, Tuesday June 30, 2020.  Johnson promised an infrastructure investment plan to help the U.K. fix the economic devastation caused by the pandemic. (Paul Ellis/Pool Photo via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson memberikan nasihatnya kepada Presiden AS Donald Trump yang didiagnosis telah terjangkit virus corona (Covid-19).

Dia menegaskan bahwa, "hal terpenting yang harus dilakukan [Trump] adalah mengikuti nasihat dokternya," kata Johnson, dikutip CNN, Minggu (4/10/2020).

Johnson, yang sakit parah setelah dinyatakan positif mengidap virus Covid-19 pada akhir Maret lalu menghabiskan waktu hingga seminggu di rumah sakit, dengan tiga malam dalam perawatan intensif. Setelah dia dipulangkan, Johnson mengakui bahwa "semuanya bisa berjalan baik" untuknya saat itu.


Berbicara kepada wartawan BBC Andrew Marr pada Minggu, Johnson yang juga politikus Partai Konservatif Britania Raya ini mengatakan dia yakin Presiden Trump "akan baik-baik saja". Dia juga menambahkan bahwa Trump saat ini didukung dengan perawatan yang terbaik.

Johnson kemudian menyinggung soal obesitas, yang berisiko jika terpapar Covid-19, meskipun dia mengatakan bahwa dia tidak mengomentari secara khusus tentang berat badan Presiden Trump.

Ketika ditanya oleh Marr apakah ini artinya Presiden Trump perlu mengurangi konsumsi, atau bahasanya "lebih sedikit burger keju" bagi Trump, Johnson mengatakan dia tidak akan berkomentar tentang berat badan Presiden, tapi dia menegaskan persoalan obesitas dihadapi oleh negara sendiri.

"Sejak Anda menyebut burger keju, obesitas merupakan salah satu masalah yang perlu diatasi negara ini," ujar mantan Wali Kota London ini.

"Bukan hanya karena mengancam kesehatan kita, tetapi dalam jangka panjang kita perlu mengatasinya untuk mengurangi tekanan pada NHS [National Health Service, program layanan kesehatan di Inggris]."


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading