Internasional

1 Juta Orang Meninggal Gegara Covid-19, Apa Kata Bos WHO?

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
29 September 2020 21:20
Tedros Adhanom. AP/Christophe Ena

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi virus corona (Covid-19) telah menyebabkan lebih dari satu juta kematian per hari ini, Selasa (29/9/2020). Namun demikian, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan tidak ada kata terlambat untuk membalikkan keadaan menjadi lebih baik.

Apa lagi, menurut Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, saat ini telah ada kandidat vaksin yang dalam uji coba tahap akhir. Selain itu, tindakan pencegahan yang dilakukan masyarakat juga bisa memutus penularan.


"Satu juta orang sekarang telah meninggal karena Covid-19 dan lebih banyak lagi yang menderita karena pandemi tersebut," kata Tedros dalam sebuah artikel di surat kabar online Inggris, The Independent.

"Tonggak sejarah ini adalah momen yang sulit bagi dunia tetapi ada secercah harapan yang menyemangati kami sekarang dan di masa depan. Tidak peduli di mana suatu negara sedang mewabah, tidak ada kata terlambat untuk membalikkan keadaan."

Tedros menyebut ada empat langkah penting untuk mengendalikan pandemi, yaitu termasuk mencegah penularan dan melindungi kelompok rentan.

Ia juga memperingatkan pentingnya upaya individu seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Sementara pemerintah perlu untuk melakukan isolasi, pengujian dan merawat kasus, kemudian melacak dan mengkarantina kontak mereka, jelasnya.

"Saat tonggak hari ini memberi kita jeda untuk merenung, ini adalah momen bagi kita semua untuk bersatu, dalam solidaritas, untuk melawan virus ini," kata Tedros.

"Sejarah akan menilai kita atas keputusan yang kita lakukan dan tidak kita buat di bulan-bulan mendatang. Mari raih kesempatan dan sambungkan batas-batas negara untuk menyelamatkan nyawa dan mata pencaharian."

Lebih lanjut, Tedros mengatakan bahwa sambil memerangi pandemi, dunia perlu merencanakan dukungan yang dibutuhkan jutaan orang untuk membangun kembali kehidupan mereka bahkan setelah penyakit ini bisa diatasi.

Pandemi Covid-19 yang berasal dari Wuhan, China terus memakan korban jiwa. Per hari ini sudah ada 33.606.846 orang yang terinfeksi, di mana 1.007.508 orang di antaranya meninggal dan 24.913.231 sembuh, menurut Worldometers.

[Gambas:Video CNBC]


[Gambas:Video CNBC]

(res/res)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading