Selain Tol, Ini Sederet Proyek Infrastruktur Jokowi di Manado

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
29 September 2020 17:15
Jalan Tol Manado-Bitung  (Dok. Jasamarga)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun sejumlah proyek infrastruktur dan Manado Sulawesi Utara dan sekitarnya. Hal ini terungkap dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, di sela-sela peresmian Tol Manado-Bitung.

"Saat ini sedang dilaksanakan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung pariwisata, karena Manado- Likupang menjadi salah satu kawasan strategis pariwisata nasional," kata Basuki, Selasa (29/9/20).

Proyek tersebut antara lain jalan akses Manado-Likupang, penataan kawasan Likupang, dan penataan kawasan Bunaken. Selain itu ada pula penataan kawasan pantai Malalayang di Manado, dan pembangunan 463 homestay untuk masyarakat di kawasan pariwisata.


Berikutnya dibangun juga jembatan di Marinsow, Manado, serta penambahan kapasitas pengolahan air minum di Malalayang. Lalu ada juga proyek pembangunan tempat pembuangan akhir sampah regional Mamitarang, dan juga program pengendalian banjir Manado dan sekitarnya.

Presiden Jokowi memang akan menggelontorkan dana sekitar Rp 14,4 triliun pada tahun depan untuk membangkitkan kembali geliat pariwisata Indonesia yang terdampak Covid-19, termasuk di Likupang.

Hal tersebut dikemukakan kepala negara saat memberikan Keterangan Pemerintah atas RUU APBN 2021 beserta Nota Keuangannya di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

"Pembangunan pariwisata tahun 2021 dianggarkan sekitar Rp 14,4 triliun yang diarahkan untuk mendorong pemulihan ekonomi di sektor pariwisata," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan dana tersebut akan digunakan untuk pemulihan sektor pariwisata serta pengembangan lima destinasi wisata, yaitu Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Selain itu, dana juga akan digunakan untuk pengembangan aspek 3A yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas serta peningkatan pada promosi dan partisipasi pelaku usaha swasta.

"Lalu, pendekatan storynomics tourism yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture, dan kekuatan budaya, serta pemanfaatan skema KPBU dalam membangun pusat-pusat hiburan, seperti theme park yang akan menyerap banyak wisatawan," ujar Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading