Tol Bitung-Manado Ternyata Jadi Tol Terpanjang di Sulawesi

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
29 September 2020 16:08
Dua ruas jalan tol baru yang telah siap dioperasikan yakni Banda Aceh—Sigli seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14 km) dan Manado-Bitung (Mabit) seksi 1 Manado-Airmadidi (14 km) serta sebagian ruas seksi 2 hingga Kauditan (7 km). (Dok. Kementerian PUPR)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tol Manado-Bitung akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tol ini akan menjadi terpanjang di Sulawesi sepanjang 40 km, saat ini tol Tol Makassar hanya 11 km. Tol Manado-Bitung juga jadi tol pertama di Sulawesi Utara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Tol Manado-Bitung saat ini memegang status sebagai tol terpanjang di Sulawesi. Status itu didapat usai mengalahkan panjang ruas tol yang telah terbangun sebelumnya di Sulawesi.

"Tol Manado-Bitung dengan total panjang 40 Km merupakan yang terpanjang di pulau Sulawesi saat ini, setelah sebelumnya dioperasikan tahun 2008 ruas tol Kawasan Industri Makassar ke Bandara Sultan Hasanuddin sepanjang 11,5 Km," kata Basuki, Selasa (29/9/20).


Adapun total investasi proyek ini mencapai Rp 5,12 triliun. Pendanaan proyek ini terbagi atas porsi pemerintah yang dibiayai dari APBN, dan porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

"Konstruksi pada ruas Manado-Airmadidi sepanjang 15 km didanai oleh APBN Kementerian PUPR, sedangkan Airmadidi-Bitung sepanjang 25 Km dilaksanakan oleh BUJT PT Jasa Marga," kata Basuki.

Artinya, proyek Tol Manado-Bitung ini dilaksanakan dengan skema kerjasama pemerintah badan usaha (KPBU). Karenanya, Basuki mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dalam proses pembangunan.

"Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, kontraktor, konsultan, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta masyarakat setempat, khususnya atas kerjasamanya selama proses pembangunan jalan tol ini," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading