Tak Kendur Meski Pandemi, Pemerintah Salurkan KUR Rp 111 T

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
23 September 2020 17:13
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga 18 September 2020, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah mencapai Rp 111,2 triliun. Realisasi ini mencapai 58% dari target tahun ini Rp 190 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pemerintah yakin target penyaluran KUR ini bisa mencapai target hingga akhir tahun.

Apalagi perbankan yang melakukan penyaluran KUR pun secara aktif menjangkau pelaku UMKM terutama yang membutuhkan modal usaha di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Ini menunjukkan tingkat kebutuhan akan akses modal maupun pembiayaan tinggi dan pemerintah memberikan prioritas kepada UMKM," ujarnya dalam webinar virtual, Rabu (23/9/2020).



Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir, menjelaskan saat awal terjadinya Covid-19 di Indonesia, penyaluran KUR turun tajam dibandingkan awal tahun.

Sebelum adanya Covid-19 yang merebak luas di Indonesia penyaluran KUR tercatat sebesar Rp 18,9 triliun per bulan di Maret. Pada Mei 2020 turun tajam menjadi hanya Rp 4,75 triliun per bulan.

Namun, saat ini pemerintah bahkan akan menambah anggaran penyaluran KUR. Terutama karena banyaknya permintaan yang masuk sejalan dengan dibukanya kembali aktivitas ekonomi.

"Secara bertahap penyaluran KUR meningkat kembali dengan sampai 18 September Rp 7,7 triliun per bulan (penyalurannya)," jelasnya.



[Gambas:Video CNBC]

(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading