Kang Emil Klaim 90% Sebaran Covid-19 di Jabar Terkendali

News - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
20 September 2020 20:00
Kang Emil Sebar 110 Milenial ke 50 Desa, Buat Apa? (Dok. Jawa BArat)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan sudah mengendalikan 90% pandemi virus Corona di wilayah Jawa Barat. Hanya saja, dalam penerapan kebijakan di setiap wilayah mempunyai pendekatan yang berbeda-beda.

Menurut Emil, demikian akrab disapa, untuk daerah Bogor-Depok-Bekasi yang memiliki risiko tinggi berbeda pendekatannya dengan daerah lain di wilayak Jawa Barat dengan risiko yang lebih rendah.

"Di Jabar, kami sudah mengendalikan 90% wilayah Jabar. Risiko tinggi atau zona merah kumpul di Bodebek," kata Emil, dalam webinar secara daring yang diselenggarakan Kelompok Studi Demokrasi Indoneisa, Minggu (20/9/2020).


Untuk memudahkan pengendalian pandemi di Jawa Barat, Emil membaginya berdasarkan letak geografis. Untuk daerah yang kepadatan penduduknya tinggi seperti Bodebek, maka kebijakan pengendalian pandemi akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai pusat episentrum Corona.

"Perlakuannya tidak bisa sama," kata dia.

Seperti ditegaskannya, Jawa Barat tidak pernah mengendurkan dari sisi pengendalian kesehatan dengan melakukan pembatasan sosial berskala mikro (PSBM).

Dia melanjutkan, saat ini Jawa Barat sudah melakukan pengetesan terhadap 314.287 spesimen, salah satu provinsi terbanyak kedua setelah DKI Jakarta dan akan terus meningkatkan jumlah testing menjadi 500.000 spesimen.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading