Internasional

Sah! Yoshihide Suga Jadi Perdana Menteri Jepang

News - sef, CNBC Indonesia
16 September 2020 12:31
Japan’s Chief Cabinet Secretary Yoshihide Suga unveils the name of new era “Reiwa” at the prime minister’s office in Tokyo, Monday, April 1, 2019. Japan says next emperor Naruhito’s era name is Reiwa, effective May 1 when he takes the throne from his father.(AP Photo/Eugene Hoshiko)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden partai berkuasa Jepang Yoshihide Suga sah menjadi Perdana Menteri Jepang, Rabu (16/9/2020). Ia resmi menjadi PM melalui pemungutan suara di parlemen.

Suga, 71 tahun, menang mudah. Ia mendapat 314 suara dari 462 surat suara sah yang diberikan di majelis rendah parlemen di mana partainya Partai Demokrat Liberal (LDP) berkuasa.

Dia membungkuk dalam-dalam ketika anggota parlemen bertepuk tangan setelah pengumuman itu, tetapi tidak segera memberikan komentar.


"Menurut hasil, parlemen kami telah memutuskan untuk menunjuk Perdana Menteri Yoshihide Suga," kata ketua majelis rendah Tadamori Oshima setelah penghitungan suara, ditulis AFP.

Suga bukan wajah baru bagi kabinet Abe. Ia adalah Kepala Sekretaris Kabinet. Ia disebut akan mengumumkan kabinet Rabu malam.



Ia akan melanjutkan kepemimpinan Abe yang mundur karena sakit hingga 2021.Suga diyakini akan tetap menggunakan "Abenomics" sebagai kebijakan ekonomi.

Mengatasi Covid-19 akan jadi tantangan buatnya, termasuk "banjirnya" populasi tua di Jepang.

Melansir Reuters yang mengutip media Jepang, sejumlah wajah lama akan diangkat lagi sebagai menteri. Yasutoshi Nishimura kemungkinan akan diangkat kembali sebagai menteri ekonomi termasuk Menteri Perdagangan dan Perindustrian Hiroshi Kajiyama.



Katsunobu Kato akan mengambil alih jabatan sekretaris kabinet utama dari Suga. Ia adalah menteri kesehatan yang menjadi wajah respons Jepang terhadap virus korona pada hari-hari awal pandemi.

"Banyak elemen berbeda dibutuhkan," kata Suga pada hari Senin lalu, ketika ditanya tentang siapa yang harus menggantikannya.

"Salah satunya adalah kesesuaian mereka dengan perdana menteri. Tetapi jika dipikir-pikir secara keseluruhan, mereka juga perlu memiliki kekuatan yang luas. Itu akan menjadi yang paling menenangkan."



[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading