Warning! Satgas Khawatir Lonjakan Kasus Positif Covid RI

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
04 September 2020 09:33
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah kembali angkat bicara setelah kasus baru Covid-19 mencetak 3 kali rekor dalam sepekan terakhir. Bahkan pada hari ini Kamis (3/9/2020), kasus baru mencapai 3.622 orang, tertinggi sejak penyakit ini mewabah.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan Rabu kemarin tepat 6 bulan perjuangan Indonesia menghadapi Covid-19.



"Pada saat awalnya Indonesia tidak siap hadapi pandemi ini dan dengan berjalannya waktu beberapa bulan awal, akhirnya kita semua berhasil mengendalikan dan menekan kasus. Namun demikian beberapa minggu terakhir ini terlihat peningkatan jumlah kasus yang signifikan dan ini semua tentunya sekarang kondisi mengkhawatirkan," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Kepresidenan.

Dia menegaskan bahwa pergerakan kasus Covid-19 menunjukkan bahwa Indonesia belum berhasil menekan dan mencegah penularan secara konsisten dan secara nasional.

"Ini menjadi tugas kita tidak hanya pemerintah tapi seluruh warga masyarakat agar patuh menerapkan kedisiplinan protokol kesehatan maupun individu secara kolektif," ujar Wiku.




Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, kasus baru Covid-19 menembus 3.622 orang, sehingga akumulasi konfirmasi positif menembus 184.268 orang. Hal ini menyebabkan Indonesia telah mencetak 3 rekor baru dalam kasus baru Covid-19 dalam sehari di Indonesia.

Jumlah kasus baru tersebut ditemukan dalam 37.597 spesimen yang selesai diperiksa pada hari ini. Pada hari yang sama, terdapat 2.084 pasien sembuh sehingga totalnya menjadi 132.055.

Adapun kasus kematian bertambah 134 orang sehingga totalnya menjadi 7.750 orang. Jumlah ini mendekati rekor kasus kematian dalam sehari 139 orang.

Hingga hari ini, penyakit mematikan ini telah menyebar ke 488 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia.

Pemerintah juga masih memantau 84.071 suspek Covid-19 di Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading