Jakarta Tambah 1.359 Kasus Corona, Banten Cuma 34 Kasus

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
03 September 2020 18:12
INFOGRAFIS, Daftar Negara Yang Terjangkit Virus Corona

Jakarta, CNBC Indonesia- Penambahan kasus positif di Indonesia kembali mencetak rekor baru dengan angka 3.622 orang. Sementara itu DKI Jakarta yang masih menjadi hotspot corona penambahan pasien positif baru pun mencapai rekor sebanyak 1.359 orang atau hampir 40% dari toral penambahan kasus di Indonesia.

Sebelumnya Satgas Covid-19 mengatakan penambahan kasus ini merupakan dampak dari libur panjang pada pertengahan Agustus. Selain itu kasus di DKI Jakarta banyak disumbang oleh kasus dari daerah sekitarnya yakni Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Kasus-kasus di DKI Jakarta ini 30% berasal dari Bodetabek dan harus ditangani dengan baik," kata Juru Bicara dan Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito belum lama ini.


Namun jika dilihat lagi, pada hari ini penambahan di Banten sebanyak 34 orang jauh lebih sedikit dibandingkan Jakarta, dan Jawa Barat. Sepanjang pekan ini kasus di Banten bertambah 159 orang, jauh dibandingkan Jakarta yang bertambah lebih dari 3.000 orang.

Padahal penambahan kasus ini sebelumnya dikatakan disumbang oleh wilayah Bodetabek. Saat ini total kasus di Banten tercatat 3.031 orang dengan penambahan pasien sembuh 24 orang menjadi 2.150 orang dan kasus meninggal 1 orang menjadi 114 orang.

Jumlah penambahan di Banten juga jauh di bawah Jawa Barat yang tercatat cukup tinggi hari ini sebanyak 238 orang, sehingga total kasusnya menjadi 11.719 orang. Dalam sepekan terakhir kasus positif di Jabar bertambah 801 orang, dan membuat beberapa kota menerapkan Jam malam seperti Bogor dan Depok. Secara total kasus, Banten masih sepertiga dari kasus di Jawa Barat, dan dengan Jakarta hanya sekitar 7% dari total kasus di ibu kota negara.

Sebelumnya Wiku mengatakan Jakarta menjadi wilayah dengan jumlah tracing dan pengetesan yang lebih tinggi dibandingkan provinsi lainnya. Bahkan DKI Jakarta mendominasi 43% dari jumlah angka tes nasional, begitu juga dengan penambahan kasus yang mendominasi setelah long weekend.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading