Ekonomi Dunia di Pandangan Jokowi: Anjlok!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 August 2020 10:39
Pidato Jokowi dalam acara aksi nasional pencegahan korupsi di Istana Kepresidenan Bogor, (26/8/2020). (Dok: tangkapan layar youtube setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, perekonomian dunia saat ini mengalami perlambatan. Bahkan kepala negara tak segan menyebut ekonomi dunia saat ini anjlok.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat meluncurkan bantuan subsidi gaji bagi para pekerja maupun buruh. Prosesi peluncuran ini dilakukan di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Kita tau ekonomi dunia sekarang ini mengalami perlambatan, anjlok," tegas Jokowi, Kamis (27/8/2020).


Jokowi mengemukakan saat ini pandemi telah membuat perekonomian di 215 negara terganggu. Masalah ini tak hanya menyasar para pelaku usaha kecil, melainkan juga perusahaan kelas kakap.

"Bukan yang kecil saja. perusahaan kecil terganggu, perusahaan menengah terganggu, perusahaan besar juga terganggu," jelasnya

Atas dasar ini, pemerintah pun akhirnya menggelontorkan berbagai macam stimulus bantuan kepada masyarakat. Mulai dari bantuan sosial dalam bentuk tunai, subsidi listrik hingga kartu pra kerja bagi pekerja yang terkena PHK.

"Hari ini kita lengkapi bantuan dengan pemberian subsidi gaji, yang totalnya akan diberikan kepada 15,7 juta pekerja," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading