Kanye West Buat Kontroversi, Dituding Lecehkan Islam

News - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
24 August 2020 12:07
FILE - This Nov. 17, 2019, file photo shows Kanye West on stage during a service at Lakewood Church in Houston. West will be on the Oklahoma presidential election ballot, as Oklahoma Board of Elections spokeswoman Misha Mohr says a West representative filed the necessary paperwork and paid the $35,000 filing Wednesday, July 15, 2020, to go on the state's Nov. 3 presidential ballot. (AP Photo/Michael Wyke, File) Foto: Kanye West (AP/Michael Wyke)

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah membuat heboh dengan pencalonan dirinya sebagai Presiden Amerika Serikat (AS), Kanye West kembali membuat geger masyarakat terutama dunia maya. Rapper itu dikecam karena dianggap melecehkan Islam.

Pasalnya ia menamai sepatu Yeezy edisi terbarunya dengan nama-nama malaikat, yakni Israfil dan Asriel (Izrail). Dalam Islam, Israfil adalah malaikat yang meniup terompet sangkakala hari kiamat sedangkan Asriel adalah malaikat pencabut nyawa.

Yeezy terbaru, diluncurkan dengan nama Yezzy Boost 350 V2 Israfil dan Yeezy Boost 350 V2 Asriel.

Yeezy Boost 350 V2 Israfil sendiri dikabarkan sudah tersedia di Adidas sedangkan Yeezy Boost 350 V2 Asriel diharapkan akan dirilis bulan depan dengan harga £ 180 atau setara dengan Rp 3,4 juta.



Lantaran hal ini, sejumlah netizen meminta agar nama sepatu segera diganti. Mereka juga menuntut permintaan maaf dan peninjauan kembali Adidas soal nama alas kaki yang akan diberikan.


"Malaikat, dianggap makhluk yang diberkati Tuhan dalam Islam dan juga agama lainnya. Bagi Adidas untuk mengasosiasikan apa yang diyakini Muslim sebagai makhluk yang diberkati dengan sepatu adalah penghinaan yang sangat menyakitkan yang harus mereka ubah," ungkap seorang warganet melalui Twitter.

"Dan kami sebagai Muslim menuntut Anda untuk mengubah nama. Ini sangat menyinggung status malaikat perkasa ini," pungkas dia.

Pengguna lain pun menambahkan menilai langkah yang sudah diambil Kanye West dan Adidat memalukan. "Ini memalukan. Tidak tahu malu," kata seorang netizen lagi.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading