Kunjungan ke UEA

Kabar Baik! RI Dapat 10 Juta Vaksin Corona dari UEA di 2020

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
22 August 2020 20:44
Menlu Retno dan Menteri Erick

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia baru saja mendapatkan komitmen penyediaan 10 juta dosis vaksin Covid-19 dari G42, perusahaan artificial intelligence berbasis di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) yang saat ini juga tengah mengembangkan vaksin Covid-19. Tak tanggung-tanggung, 10 juta vaksin ini akan tersedia di tahun ini.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kerja sama vaksin ini dari Indonesia diwakili oleh PT Kimia Farma Tbk (KAEF) dan PT Indofarma (Persero) Tbk dengan G42. Komitmen tersebut diterima setelah dilakukan pertemuan antara pihak Indonesia dengan G42 dan Sinopharm di Abu Dabi, Uni Emirat Arab.

"Hasil lainnya yang kita peroleh dengan pertemuan G42 adalah komitmen penyediaan awal vaksin sebesar 10 juta dosis untuk tahun 2020," kata Retno dalam konferensi pers virtual, Sabtu (22/8/2020).


Dia mengatakan bahwa Kimia Farma dan G42 akan melanjutkan perbincangan lebih lanjut terkait rincian komitmen tersebut.

Tak hanya untuk komitmen ini, kedua perusahaan juga telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) untuk pengembangan produk vaksin dengan cakupan kerjasama di bidang produk pharmaceutical, layanan kesehatan, riset dan pengembangan serta uji klinis, serta produksi vaksin, pemasaran, dan distribusinya.

Pertemuan ini dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, perwakilan dari G42 dan Sinopharm.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading