Tiba-Tiba Batik Air Tutup Rute Penerbangan, Kenapa?

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
22 August 2020 16:37
Doc.Batik Air

Jakarta, CNBC Indonesia - Maskapai Batik Air dari anak perusahaan Lion Air Group berhenti beroperasi sementara pada rute dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK) ke Pontianak melalui Bandar Udara Internasional Supadio di Kubu Raya (PNK).

"Rute Batik Air dari CGK ke PNK tidak beroperasi sementara mulai 24 hingga 30 Agustus 2020 atau pemberitahuan lebih lanjut," ujar Corporate Communication Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro saat dihubungi CNBC Indonesia pada Sabtu (22/8/2020).

Namun, menurut Danang, penerbangan pada 23 Agustus 2020 tetap berjalan. "Dalam upaya mengakomodir kebutuhan tamu, dikarenakan para penumpang di penerbangan ini (tanggal dimaksud) tidak dapat diinfo dan dipindahkan ke maskapai lain," paparnya.


Para tamu rute CGK-PNK nantinya dapat menggunakan alternatif lain, atau akan diberangkatkan dengan maskapai Lion Air dari Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang.

Di sisi lain, Danang menegaskan pelaksanaan penerbangan oleh Lion Air Group tetap mengikuti pedoman protokol kesehatan.

"Pelaksanaan penerbangan Batik Air dan Lion Air Group sesuai ketentuan berlaku yang memenuhi aspek keamanan, keselamatan perjalanan udara (safety first), tetap melakukan protokol kesehatan serta upaya tidak menyebabkan penyebaran Covid-19," tukasnya.

Sebelumnya, setiap penumpang yang dinyatakan layak terbang dengan maskapai Lion Air, Wings Air, dan Batik Air sebagai anggota Lion Air Group sudah melalui rangkaian pemeriksaan dan verifikasi dokumen, barang bawaan dan lainnya di bandar udara keberangkatan.

Penumpang harus memiliki persyaratan dokumen hasil uji kesehatan Covid-19 oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan pemeriksaan keamanan pertama dan kedua oleh petugas aviation security pengelola bandar udara.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading