Catat! Kamis Ini, Lion Air-Citilink Terbang di Bandara Husein

News - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
17 August 2020 09:39
Bandara Husein Sastranegara, Bandung/Dok AP 2

Jakarta, CNBC Indonesia - Bandara Husein Sastranegara, Bandung, yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) bersiap melayani kembali penerbangan pesawat jet mulai Kamis 20 Agustus 2020. 

Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan sudah menerbitkan surat Nomor AU.004/3/20/DRJU.DAU.2020 perihal Penataan Rute Penerbangan Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, dan Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka.

Hal ini dilakukan guna peningkatan pelayanan bagi masyarakat dengan memperhatikan kegiatan operasional transportasi udara dalam masa kegiatan masyarakat produktif dan aman dari C-19 serta pemulihan aktivitas ekonomi dan pariwisata.


"Sesuai surat tersebut, Husein Sastranegara dapat melayani penerbangan berjadwal rute domestik dengan pesawat baling-baling [propeller] dan pesawat jet untuk rute dari/ke Medan, Pekanbaru, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Denpasar dan Makassar," ujar Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, dalam keterangan resmi, Senin (17/8/2020).

Selain itu, dia mengatakan, Husein Sastranegara juga dapat melayani penerbangan berjadwal luar negeri, lalu rute penerbangan berjadwal/tidak berjadwal untuk dalam/luar negeri, serta penerbangan bukan niaga dalam/luar negeri.

Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Iwan Winaya Bahdar menuturkan persiapan sudah dilakukan agar penerbangan dengan jet dapat dilakukan kembali dengan lancar di Bandara Husein Sastranegara mulai 20 Agustus 2020.

"Bandara Husein Sastranegara terakhir melayani penerbangan jet pada Juni 2019, karena pada Juli 2019 seluruh operasional pesawat jet dipindahkan ke Bandara Kertajati. Di tengah pandemi ini, regulator kembali melakukan penataan rute di mana penerbangan jet untuk sejumlah rute dilakukan melalui Husein Sastranegara dan kami siap menjalankan itu mulai 20 Agustus 2020."

"Maskapai yang sudah menyampaikan untuk kembali mengoperasikan pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara adalah Lion Air untuk rute dari/ke Medan, Denpasar, Balikpapan dan Makassar. Lalu, Citilink untuk rute dari/ke Palembang, Pekanbaru, Denpasar, Medan dan Banjarmasin," ungkap Iwan Winaya Bahdar.

Adapun berdasarkan surat Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, Bandara Kertajati yang juga dikelola Angkasa Pura II juga dapat melayani seluruh penerbangan berjadwal/tidak berjadwal dalam negeri dengan pesawat propeller atau jet, lalu penerbangan niaga berjadwal luar negeri, penerbangan tidak berjadwal dalam/luar negeri, serta penerbangan bukan niaga dalam/luar negeri.

Persiapan di Husein Sastranegara sudah dilakukan termasuk kesiapan personel PT Angkasa Pura II dan stakeholder lain dalam menjaga berjalannya protokol kesehatan.

Di Husein Sastranegara sendiri sejak akhir bulan lalu telah digalakkan Safe Travel Campaign untuk memastikan protokol kesehatan dijalani penuh guna menjaga kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan nasional.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Terminal 1 & 2F Soetta Tutup, Bandara Pangkas Jam Operasi


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading