Wuzzz.. Pesawat Tempur China Lewati Taiwan Saat Kunjungan AS

News - Muhammad Choirul, CNBC Indonesia
10 August 2020 19:14
Pesawat Tempur China J 11

Jakarta, CNBC Indonesia - Pesawat tempur China melintasi Selat Taiwan pada Senin (10/8/2020). Pesawat jet tersebut terlacak oleh rudal Taiwan.

Hal ini diungkapkan oleh pemerintah Taiwan secara resmi. Peristiwa tersebut terjadi saat Kepala Kesehatan AS Alex Azar mengunjungi Taiwan untuk menawarkan dukungan Presiden Donald Trump.

Azar tiba di Taiwan pada Minggu (9/8/2020) dan menjadi pejabat tinggi AS yang berkunjung dalam 4 dekade terakhir. China, yang mengklaim Taiwan sebagai miliknya, telah mengutuk kunjungan AS ke Taiwan setelah hubungan buruk yang terjadi belakangan.


China menerbangkan pesawat tempur J-11 dan J-10 ke sisi sempit selat Taiwan sekitar pukul 09.00 pagi. Pesawat tersebut dilacak oleh rudal anti-pesawat Taiwan yang berpatroli.

Sayangnya, Kementerian Pertahanan China tidak mengeluarkan komentar terkait peristiwa tersebut.

Seorang pejabat senior Taiwan yang mengetahui perencanaan keamanan pemerintah mengatakan kepada Reuters jika China jelas "menargetkan" kunjungan Azar dengan langkah "sangat berisiko" mengingat jet China berada dalam jangkauan rudal Taiwan.

Serangan itu merupakan yang ketiga kalinya sejak 2016, Taiwan mengatakan jet China telah melewati selat Taiwan juga.

Pemerintahan Trump telah memprioritaskan penguatan dukungannya Taiwan, di tengah hubungan yang memburuk antara AS dan China, dan telah meningkatkan penjualan senjata.

"Merupakan kehormatan sejati berada di sini untuk menyampaikan pesan dukungan dan persahabatan yang kuat dari Presiden Trump ke Taiwan," kata Azar kepada Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, di Kantor Kepresidenan.

Azar berkunjung untuk memperkuat kerja sama ekonomi dan kesehatan masyarakat dengan Taiwan serta mendukung peran internasionalnya dalam memerangi Covid-19.

"Tanggapan Taiwan terhadap Covid-19 telah menjadi salah satu yang paling sukses di dunia, dan itu merupakan penghargaan untuk sifat terbuka, transparan, demokratis dari masyarakat dan budaya Taiwan," katanya kepada Tsai.


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading