Puncak Mudik Idul Adha 2020 Hari Ini, Siap-siap Macet

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
02 August 2020 13:15
Suasana kemacetan terjadi di Tol Halim mengarah ke Tol Dalam Kota, Cawang, Jakarta Timur, kemacetan kembali terjadi di Tol dalam kota Gatot Subroto, Jakarta. 15/6/20.(CNBC Indonesia/ Tri Susilo) Foto: Kepadatan Kendaraan Saat Pulang Jam Kantor (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi prediksi arus mudik Idul Adha 2020 ke Jabodetabek akan terjadi pada hari ini (2/8/2020). Bagi kamu yang berencana mudik bersiaplah hadapi macet.

Dirjen Hubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan pihaknya sebenarnya merekomendasikan masyarakat untuk kembali ke Jabodetabek atau Jakarta di hari Sabtu (1/8/2020) serta menghindari pernjalanan di hari puncak kemacetan yang diprediksi akan cukup tinggi pada Minggu malam tanggal 2 Agustus.

"Kami menghimbau agar kepada masyarakat yang ingin kembali ke jabodetabek atau jakarta khususnya untuk memperhatikan informasi tingkat kepadatan lalu lintas di ruas jalan," ujarnya Budi Setiyadi dalam keterangan pers, Minggu (2/8/2020).


Terkait protokol kesehatan, Budi Setiyadi mengungkapkan Kemenhub dan instansi lain yang bertugas di pos-pos penjagaan juga terus memonitor jumlah penumpang pada kendaraan, menghimbau untuk menggunakan masker serta memeriksa suhu pada penumpang/

Bagi para pengemudi truk sumbu 3 ke atas dapat menghindari penggunaan tol Trans Jawa mulai dari Ruas Semarang sampai dengan Jakarta karena akan diprioritaskan untuk kendaraan pribadi.

"Sesuai arahan Bapak Menteri Perhubungan kami juga sedang menggencarkan sosialisasi bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mengatur waktu perjalanannya agar tidak menumpuk semua untuk kembali ke Jakarta pada hari Minggu nanti. Untuk truk, kami mohon untuk sementara menghindari lewat jalan tol, mungkin dapat memilih untuk menggunakan jalan arteri sebagai opsi rute perjalanan," ujar Budi Setiyadi.

"Dengan demikian mobil barang logistik sumbu 3 ke atas diharapkan menggunakan jalan arteri (non tol) yaitu melalui Jalur Pantura Semarang - Cirebon - Indramayu - Karawang - Bekasi."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading