Ini Mimpi Jokowi yang Direalisasikan Duet Anies-Erick di DKI

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
15 July 2020 19:49
foto/ Penandatangannan pemegang saham pendirian usaha perusahaan antara PR MRT Jakarta/ CNBC Indonesia: Choirul Anwar

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan pesan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah berulang kali disampaikan kepadanya. Pesan tersebut adalah mengenai integrasi moda transportasi, termasuk di DKI Jakarta.

"Satu amanah dari pak presiden yang disampaikan berulang-ulang kepada saya. Bahwa kita punya Jakarta, kita punya banyak kota-kota sayogyanya angkutan umum itu menjadi suatu keniscayaan," kata Budi Karya dalam acara penandatanganan perjanjian pemegang saham PT Jak Lingko Indonesia, Rabu (15/7/20).

Pembentukan PT Jak Lingko Indonesia sebagai pengelola sistem integrasi pembayaran antarmoda transportasi, merupakan wujud dari pesan Jokowi. Perusahaan itu merupakan hasil patungan dari sejumlah perusahaan di bawah Kementerian BUMN dan Pemprov DKI Jakarta.


"Apabila kita bicara mengenai satu angkutan umum yang menjadi ideal maka tuntutannya adalah harus adanya antarmoda yang baik. Saya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh BUMN, DKI dan semua stakeholder untuk merintis kegiatan ini," urainya.

Menurutnya, langkah integrasi moda transportasi memang tidak mudah. Namun, tahapan demi tahapan yang telah dicapai, memberikan dampak berarti bagi masyarakat.

"Oleh karenanya kita harus memberikan suatu layanan yang ini sudah merupakan suatu bagian yang harus bagi kota besar. Kota besar di dunia manapun menggunakan cara-cara ini. Jadi ini adalah bagian daripada kita meningkatkan daya saing Indonesia, daya saing Jakarta untuk sama dengan negara-negara yang lainnya," kata Budi Karya.

Dia yakin, capaian ini akan menyenangkan hati kepala negara. Karenanya, dia tak hentinya mengapresiasi langkah Pemprov DKI di bawah Gubernur Anies Baswedan dan Kementerian BUMN yang dikomandoi Menteri Erick Thohir.

"Semua ini akan menjadi satu model yang memang membuat pergerakan-pergerakan itu menjadi lebih baik. Oleh karenanya saya pikir saya mengucapkan terima kasih kepada kementerian BUMN kepada Gubernur dan semua staf semua stakeholder yang saya lihat begitu profesional menjalankan tugas-tugasnya dengan baik," katanya.

"Tentu pak presiden senang sekali dengan apa yang kita lakukan ini, akan menjadi suatu cara kita melayani masyarakat dengan baik," tandasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading