Ini Dia Profil Deputi Gubernur BI Terpilh Doni P Joewono

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
13 July 2020 15:51
Fit and proper test, Doni Primanto Joewono  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) memutuskan Doni Primanto Joewono sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Doni terpilih menggantikan Erwin Rijanto yang habis masa jabatan pada 17 Juni 2020 lalu.

"Dari tiga calon yang disampaikan Bank Indonesia dan Presiden Joko Widodo (Jokowi), maka diambil kesepakatan secara musyawarah mufakat dan jatuh kepada Doni P Joewono, calon nomor 3 yang kami sepakati," ujar Wakil Ketua Komisi XI Eriko Sotarduga, Senin (13/7/2020).

Sebagai informasi, sebelum terpilih ini Doni menjabat sebagai Kepala Departemen Sumber Daya Manusia BI dan merupakan Direktur Eksekutif.

Doni lahir di Surabaya pada tanggal 24 Februari 1965. Menempuh pendidikan sarjana di bidang Ekonomi & Studi Pembangunan di Universitas Sebelas Maret pada tahun 1988. Kemudian, melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia jurusan Administrasi, dan meraih gelar Master pada tahun 2004.

Doni Primanto Joewono (Dok. Bank Indonesia)Foto: Doni Primanto Joewono (Dok. Bank Indonesia)
Doni Primanto Joewono (Dok. Bank Indonesia)



Ia mengawali karir di Bank Indonesia pada tahun 1991 sebagai staf Direktur Pengelolaan Moneter. Kemudian Doni juga pernah menjadi peneliti ekonomi kantor perwakilan BI di London pada tahun 2005-2008.

Lalu pada 2012-2013 Doni menjadi kepala kantor perwakilan BI Solo. Pada 2015 Doni menjadi Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta dan pada 2018 Doni menjadi kepala perwakilan Kpw BI Provinsi Jawa Barat.

Lalu sejak tahun 2020 sampai dengan saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Sumber Daya Manusia BI dan merupakan Direktur Eksekutif.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading