Kena Corona, Pasien Hipertensi & Diabetes Bisa Fatal

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
08 July 2020 17:00
Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas, Reisa Broto Asmoro (Tangkapan Layar Youtube BNPB Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia- Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengingatkan untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi, terutama jika memiliki penyakit tidak menular (PTM) karena berpotensi menjadi komorbid.

Beberapa penyakit tidak menular yang bisa berdampak fatal jika terkena Covid-19 seperti hipertensi, diabetes, stroke, ataupun kanker. "Orang yang mengidap PTM ini menjadi kelompok rentan bila terkena Covid-19. Sebab PTM berpotensi menjadi penyakit penyerta atau komorbid yang menyebabkan kasus fatal akibat Covid-19," kata Reisa, Rabu (8/7/2020).

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto memberikan update penanganan pandemi virus corona (covid-19) di Indonesia pada Rabu (8/7/2020). Dia mengungkapkan bahwa ada penambahan 1.853 kasus baru sehingga total positif Covid-19 mencapai 68.079 orang. Ini merupakan rekor baru dalam penambahan kasus terbanyak dalam satu hari.


Sementara itu, pasien sembuh bertambah 800 orang sehingga total sembuh 31.585 orang. Adapun penambahan meninggal 50 orang sehingga total pasien meninggal 3.359 kasus.

"Ada 456 kabupaten/kota di 34 provinsi yang terpapar Covid-19" ujar Yurianto.

Yurianto mengatakan bertambahnya kasus ini membuktikan penularan di luar masih terjadi, dan masih ada pasien yang positif yang berada di tengah masyarakat dan tidak mampu menjaga orang lain supaya tidak tertular. Hal ini menjadi penyebab utama penularan, karena masih banyak masyarakat yang rentan tertular karena tidak patuh pada protokol kesehatan.

"Banyak yang menggunakan masker, tapi menggunakan masker dengan benar belum dilakukan. Menggunakan masker hanya menutup mulut ini yang paling banyak," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Rekor Baru! Tambah 1.385, Total Pasien Corona 52.812 Orang


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading