Jokowi Buka 4.000 Ha Beri Karpet Merah Pabrik AS-Korea Pindah

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 June 2020 12:49
Pengarahan Presiden RI Jokowi untuk Penanganan Covid-19 di Jawa Tengah, Semarang, 30 Juni 2020

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Jokowi membuka kawasan industri terpadu Batang, Jawa Tengah seluas 4.000 hektare. Kawasan industri terpadu ini disiapkan untuk menyambut relokasi pabrik-pabrik termasuk dari Amerika Serikat, Korea, Jepang dan lainnya.

Jokowi sudah perintahkan kepada menteri, kepala BKPM, untuk industri yang akan relokasi dari China ke Indonesia baik dari Jepang, dari Korea, dari Taiwan, Amerika atau dari negara manapun berikan pelayanan yang sebaik-baiknya.

Ia mengatakan urusan pembebasan lahan memang sering menjadi masalah di Indonesia. Sehingga bagi investor yang belum memiliki lahan di tempat lain di Indonesia, bisa menggunakan kawasan industri di Batang.


"Kita akan siapkan 4.000 hektare, 4.000 hektare di sini, tahapan tahap pertama disisakan 450 hektare terlebih dahulu, langsung. Misalnya ada yang mau LG mau pindah besok? silakan masuk nggak usah urus apa-apa. Yang urus semua Kepala BKPM, tentu dibantu gubernur, bupati," katanya saat peninjauan kawasan industri terpadu Batang, Selasa (30/6).

Jokowi menegaskan tujuan besar pembukaan kawasan industri ini adalah membuka lapangan kerja sebesar-besarnya untuk warga Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading