Antisipasi Krisis Pangan

Ini Alasan Jokowi Utus Prabowo, Erick & Basuki Keroyokan

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
24 June 2020 16:05
Menteri BUMN Erick Thohir saat peresmian staisun terpadu Tanah Abang, Rabu (17/6/2020) (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ikut serta dalam pengembangan kawasan pangan terpadu atau food estate di Kalimantan Tengah, sesuai perintah Presiden Jokowi. Food estate sebagai upaya pemerintah mengantisipasi adanya krisis pangan yang melanda dunia yang sempat jadi perhatian FAO.

Selain Prabowo, Jokowi juga memerintahkan sejumlah menterinya untuk menggarap food estate secara bersama-sama yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR, Basuki Hadimuljono dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN Erick Thohir.

Rencana Jokowi ini diungkapkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI Rabu (24/6/2020).


"Telah diputuskan Bapak Presiden, tadinya ada 3 alternatif di Sumatera Selatan, Merauke, dan Kalimantan Tengah. Diputuskan dipilih di Kalteng di eks lahan gambut. Tapi ini yang tidak ada gambutnya, ini adalah aluvial," kata Basuki.

Basuki menjelaskan, proyek ini dia garap dengan melibatkan sejumlah kementerian termasuk pertahanan yang dipimpin oleh Prabowo. Alasannya, sektor pangan termasuk ketahanan pangan non-militer.

"Tahun ini PUPR mendesain rehabilitasi jaringan irigasinya. 165 ribu hektare itu tahun depan kita mulai dengan menggerakkan BUMN. Menhan juga termasuk untuk bisa ikut karena menurut beliau, ini adalah program ketahanan non-militer," ungkap Basuki.

Basuki juga sempat menjelaskan sejauh mana Prabowo akan terlibat. Alasan keterlibatan Prabowo adalah untuk menjaga ketahanan pangan Indonesia.

"Ketahanan pangan itu diperlukan untuk ketahanan non-militer. Jadi beliau [Prabowo] akan menggerakkan pemuda-pemuda yang dibekali dengan kompetensi komputer dan pertanian," kata Basuki.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading