Career Guideline

Para Fresh Graduate, Simak Cara Cari Kerja di Masa Covid-19

News - Lynda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
23 June 2020 15:27
Ilustrasi Wisuda ditengah Pandemi Covid-19. CNBC Indonesia/Andrean Kristianto

Jakarta, CNBC Indonesia - Kekhawatiran terbesar bagi para pencari kerja terutama bagi mereka yang baru lulus adalah bersaing. Di tengah pandemi Covid-19, tentunya lapangan pekerjaan juga semakin sulit.

Bahkan, beberapa perusahaan juga menutup lowongan kerja karena wabah mematikan itu. Kebahagiaan untuk meniti karier sepertinya harus tertunda untuk sementara waktu.

Namun jangan putus asa dulu ada beberapa tips yang bisa dilakukan selama mencari pekerjaan di era pandemi.

Perluas koneksi

Menjalin komunikasi bagi mereka yang berstatus fresh graduate sangatlah penting. Di era digital ini kamu sangat beruntung karena ada sebuah platform untuk para pekerja profesional yaitu LinkedIn.

Anda bisa memanfaatkan platform ini sebaik mungkin. Buat profil agar lebih terlihat profesional. Dengan membangun networking di LinkedIn, Anda akan mendapatkan banyak informasi seputar dunia kerja dan dapat berdiskusi langsung dengan para praktisi.

Berlatih virtual interview

Persiapkan diri Anda untuk menjalani virtual interview. Ini dapat terasa lebih menantang daripada wawancara biasa.

Di zaman pandemi ini tentunya pertemuan tatap muka sangatlah terbatas. Untuk itu, penting untuk menganggap virtual interview sama seperti wawancara biasa. Persiapkan pertanyaan dan lakukan riset untuk tahu lebih dalam mengenai perusahaan dan pekerjaan yang diinginkan.

Cari pengalaman bekerja

Minim pengalaman merupakan salah satu kekurangan fresh graduate di pasar kerja. Untuk mengatasinya, carilah pengalaman kerja sendiri. Misal, Anda dapat membuka usaha atau jadi sukarelawan di sejumlah kegiatan sosial di dunia maya.

Tingkatkan kemampuan diri

Perkembangan teknologi saat ini begitu cepat, maka Anda juga harus mengimbanginya dengan cepat. Meski bukanlah bidang Anda, tapi ke depannya lowongan untuk tenaga teknologi akan sangat dibutuhkan karena saat ini semua mulai beralih ke digital.

Selain itu untuk menambah keahlian baru, Anda juga ikut kelas online dari berbagai lembaga pendidikan. Ingat, belajar tidak harus mahal, Anda bisa mempelajari semua dengan gratis melalui internet dan langsung mempraktekkan yang bisa menjadi portofolio Anda.

Sesuaikan dengan kehidupan new normal

Di era new normal ini Anda harus bersikap jeli terhadap peluang. Jangan hanya menunggu panggilan wawancara kerja saja, Anda bisa melihat dan mengeksekusi peluang usaha di tengah konsep hidup new normal.


Saksikan video terkait di bawah ini:

Kasus Positif Covid-19 di AS Capai 2,6 Juta Kasus


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading