Career Guideline

Pasti Bisa! Ini Tips Cari Kerja Saat Pandemi Covid-19

News - Lynda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
23 June 2020 15:20
Cari Kerja di LinkedIn? Jangan Lakukan Hal Ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Mencari pekerjaan di tengah pandemi virus corona bukanlah hal yang mudah. Bukan tanpa alasan, implikasi ekonomi menyebabkan ketenagakerjaan juga ikut terpukul sehingga menahan karyawan baru.

Jika seperti ini, tentunya harus memikirkan langkah lain agar situasi sulit ini bisa dilewati.

Mengingat hal ini, tentunya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketidakpastian ini.

Berikut adalah paparannya mengutip Jobstreet :

Bersabar

Dikarenakan beberapa perusahaan yang menerapkan kebijakan bekerja dari rumah, maka ada kemungkinan proses lamaran sedikit lebih lama. Jangan terlalu khawatir, tetap bersabar, dan jangan putus harapan.

Anda bisa mencoba mengirim surel atau menelepon untuk menanyakan perkembangan proses rekrutmen. Ini akan menunjukkan bahwa kamu benar-benar serius dan tertarik untuk pekerjaan tersebut dengan mengikuti perkembangan proses lamaran.

Jangan menyerah

Jangan mudah menyerah dan cobalah beberapa metode seperti update CV atau membuat surat lamaran yang lebih baik. Ketika mengubah CV, tulislah poin-poin penting seefektif mungkin, tunjukkan pencapaian dan kemanapun Anda serta buanglah hal-hal yang tidak penting.

Kembangkan diri

Sembari mencari lowongan kerja dan menunggu untuk dipanggil interview, cobalah untuk meningkatkan kemampuan agar nantinya Anda sudah siap untuk meraih peluang baru.

Cari pekerjaan bersifat kontrak

Jika Anda mengalami PHK dan sedang membutuhkan pekerjaan di tengah pandemi ini, cobalah untuk melamar di lowongan contract-based. Jika kinerja Anda bagus, maka perusahaan biasanya akan memperpanjang kontrak bahkan menawarkan pekerjaan tetap.

Realistis

Cobalah untuk mencari tahu apakah di kondisi seperti ini, perusahaan bisa memenuhi permintaan gajimu. Perekonomian yang sedang lesu karena pandemi membuat sebagian besar perusahaan tidak mampu untuk memenuhi ekspektasi gaji yang diharapkan walaupun sesuai standar jabatan.

Bagaimanapun, Anda tidak dilarang untuk mencoba negosiasi soal gaji, tapi buktikan kepada perusahaan bahwa memang Anda layak dengan angka tersebut.

Jika perusahaan tidak menyanggupi permintaan tersebut, cobalah untuk sedikit menurunkan ego dengan menurunkan permintaan gajimu, kemudian buktikan bahwa Anda layak digaji sesuai dengan ekspektasi sebelum meminta kenaikan gaji ketika keuangan perusahaan sudah mulai membaik.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading