Jokowi Akui Covid-19 Belum Bisa Dikendalikan di Semua Wilayah

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
02 June 2020 10:17
Indonesian President Joko Widodo speaks during a press conference at presidential palace in Kabul, Afghanistan, January 29, 2018. REUTERS/Massoud Hossaini/Pool
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak memungkiri bahwa penyebaran virus corona (Covid-19) yang terjadi di sejumlah wilayah belum bisa dikendalikan dengan optimal.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat meninjau progres renovasi Masjid Istiqlal, Selasa (2/6/2020). Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

"Kita tahu bahwa penyebaran Covid sampai saat ini di Tanah Air memang belum semua provinsi, wilayah, bisa kita kendalikan," kata Jokowi, Selasa (2/6/2020).


Jokowi mengaku telah memberikan instruksi kepada jajaran pengurus Masjid Istiqlal untuk menyiapkan protokol kesehatan sebagai panduan melakukan ibadah di tempat ibadah dalam era new normal.



"Saya titip, mulai disiapkan protokol kesehatan sehingga nanti pada saat kita melaksanakan shalat di Masjid Istiqlal semuanya aman dari Covid," katanya.

Jokowi menegaskan bahwa tidak akan terburu-buru membuka sejumlah fasilitas umum di era new normal. Jika dibuka, pemerintah pun memastikan bahwa prosesnya akan melalui serangkaian tahapan dengan pengawasan yang ketat.

"Pembukaan, baik tempat ibadah, aktivitas ekonomi, pembukaan sekolah, semuanya melalui tahapan-tahapan yang ketat dengan melihat angka kurva R0 dan Rt," katanya.


[Gambas:Video CNBC]



 

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading