New Normal, Singapura Buka 80% Ekonominya Bulan Ini

News - Muhammad Choirul Anwar & Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
01 June 2020 14:59
(foto:visitsingapore.in)
Jakarta, CNBC Indonesia - Singapura akan segera memasuki pada fase pertama menuju era new normal pandemi virus corona Covid-19 dan berharap 80% kegiatan ekonomi di negara tersebut bisa berjalan efektif dalam status lock down parsial.

Menteri Perdagangan Singapura Chan Chun Sing mengemukakan bahwa negeri Singa Putih masih berharap sebagian besar aktivitas ekonomi Singapura bisa kembali ke jalurnya pada bulan ini.

"Pada fase pertama, kita akan memiliki 80% kegiatan ekonomi yang kembali ke jalurnya. Kemudian sektor yang tersisa yaitu ritel, makanan dan minuman, kami berharap akan dibuka kembali pada akhir Juni," kata Chan kepada CNBC Squawk Box, dikutip Senin (1/6/2020).


Singapura sendiri telah memberlakukan lockdown sejak April 2020 lalu sebagai salah satu cara menekan angka penyebaran virus corona (Covid-19). Situasi ini membuat sejumlah sekolah tutup, dan sebagian besar karyawan perusahaan bekerja dari jarak jauh.

Adapun Singapura menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah kasus terbanyak di Asia dengan lebih dari 34.800 orang yang terinfeksi Covid-19 sejauh ini, menurut data John Hopkins University.

Sebagian besar kasus dikaitkan dengan kluster yang terinfeksi di asrama yang menampung para pekerja asing baik itu para pekerja di bidang konstruksi maupun para pekerja di sektor padat karya.

Pada fase pertama, beberapa orang akan diizinkan kembali bekerja secara normal meskipun para perusahaan diyakini akan tetap memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah apabila memang dimungkinkan. Begitupun dengan aktivitas sekolah.

Chan mengatakan bahwa pemerintah telah berkoordinasi dengan para perusahaan untuk menerapkan langkah-langkah yang diperlukan dalam menghadapi situasi new normal di Singapura.

"Membuka dengan aman, dan yang paling penting membuka secara berkelanjutan," kata Chan.

Singapura sendiri akan memantau dampak dari aktivitas masyarakat pada fase pertama new normal.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading