Dampak Covid-19

Orang di Jakarta Paling Banyak Kena PHK

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
27 May 2020 18:45
Suasana Gedung Kementrian di Kawasan Jakarta, Rabu 7/8. Pemindahan ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari Jakarta ke salah satu lokasi di Kalimantan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, mencapai Rp 466 triliun. Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan Salah satu komponen utama pendanaan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 
Potensinya sangat kasar. Pemetaan potensi aset di Medan Merdeka, Kuningan, Sudirman, dan Thamrin perkiraan Rp 150 triliun. Ini bisa menambal kebutuhan APBN. Tadinya dari APBN butuh Rp 93 triliun. Artinya dengan Rp 150 triliun bisa menutup untuk bangun istana, pangkalan TNI, dan kebutuhan rumah dinas. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 telah berdampak besar terhadap terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) dan status karyawan yang dirumahkan tanpa gaji.

Catatan Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker), fenomena ini berpotensi akan berdampak pada sekitar 5 juta tenaga kerja. Namun, dari segi wilayah, ternyata DKI Jakarta yang paling terkena dampak.

"Wilayah DKI Jakarta paling banyak, sekitar 318.338 ini udah digabung PHK dan dirumahkan," kata Direktur Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Kemenaker, John Daniel Saragih dalam program Power Lunch CNBC Indonesia, Rabu (27/5).




Angka tersebut menjadi mayoritas dibandingkan provinsi-provinsi lain. John menyebut secara nasional ada 1.742.904 pekerja yang terdampak, baik di-PHK maupun dirumahkan. 

Jika dirinci, maka pekerja formal dengan status dirumahkan paling terkena dampak, yakni sebanyak 1.046.306 pekerja. Kemudian pekerja formal di-PHK sebanyak 378.096 orang dan pekerja informal terdampak sekitar 318 ribu orang.

Sementara yang masih belum didata ada hampir satu juta lainnya. Jumlahnya menyebar, utamanya di banyak provinsi besar. "Setelah DKI Jakarta, ada Jawa Barat, Jawa Tengah, Riau, Jawa Timur dan provinsi lain," sebut John.
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading